Liverpool Gilas West Ham United 3-1

sentralberita | London – West Ham United menjamu Liverpool di lanjutan Liga Inggris. Pertandingan kelar dengan skor 3-1 buat The Reds.

Olympic Stadium London jadi tempat berlangsungnya duel West Ham United vs Liverpool di pekan ke-21 Liga Inggris, Minggu (31/1/2021) malam WIB. West Ham United turun dengan skuad terbaiknya. Liverpool sedikit pincang, tanpa diperkuat Sadio Mane yang cedera.

Babak pertama kelar dengan skor 0-0. Di babak kedua Liverpool bisa mencetak tiga gol lewat brace Mohamed Salah dan Georginio Wijnaldum. West Ham cuma bisa membalas via Craig Dawson.

Hasil ini membuat Liverpool sementara naik ke peringkat ketiga Klasemen Liga Inggris dengan 40 poin dari 21 laga. Beda empat poin dari Manchester City di posisi puncak. West Ham United berada di peringkat kelima dengan 35 poin.

Babak pertama dimulai, kedua tim langsung bermain terbuka. Menit kelima, Divock Origi punya peluang melepas sepakan dari sudut sempit sebelah kanan gawang West Ham tapi masih melebar.

Menit kedelapan, giliran Wijnaldum coba mengancam. Sepakannya dari luar kotak penalti juga masih melambung tinggi.

Menit ke-25 West Ham gantian mengancam. Dari situasi kemelut di depan gawang Alisson, Pablo Fornals menembak bola mengarah ke gawang tapi masih bisa diblok oleh kepalanya Robertson.

Setelahnya, kedua tim kesulitan membuat peluang. West Ham menerapkan garis pertahanan yang rapat di depan kotak penaltinya, sedangkan Liverpool memasang garis pertahanan tinggi.

Tanpa Sadio Mane dan Roberto Firmino, The Reds kesulitan membongkar pertahanan lawan. Antonio pun dikunci larinya oleh Henderson dan Phillips.

Jelang babak pertama berakhir, Thiago mengirim umpan lambung ke depan kotak penalti Fabianski. Sayangnya, sontekan Origi masih belum on target.

Kemudian, Mohamed Salah mencatatkan tembakan ke gawang. Namun masih mengarah, ke pelukan Fabianski.

Hingga babak pertama akhir, skor tuntas 0-0. Tidak banyak peluang berbahaya yang tercipta dari kedua tim, masing-masing tim juga cuma melepas satu shots on target.

Babak kedua dimulai, Liverpool tancap gas. Sontekan Mohamed Salah di menit ke-50 menyambut umpan Origi masih bisa diblok Cresswell.

Tak lama giliran Origi yang mengancam. Sepakan keras dari sudut sempit di sebelah kanan gawang Fabianski, masih melebar.

Menit ke-53, Henderson melepas umpan lambung ke dalam kotak penalti. Salah yang berlari kencang menyundulnya namun Fabianski dapat menjinakkannya.

Menit ke-56, Antonio punya peluang emas. Dalam serangan balik, Bown mengirim bola ke Antonio. James Milner di dekatnya gagal menghalau.

Sepakan Antonio sayangnya masih melebar tipis ke gawang Liverpool.

Gol pertama Liverpool!

Mohamed Salah mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-57. Jones mengirim bola ke Salah di sisi kiri gawang West Ham.

Salah sedikit menguasai bola, lalu tak terduga melepas tembakan akurat mengoyak gawang Fabianski walau dikepung tiga pemain.

Gol kedua Liverpool!

Di menit ke-68, Mohamed Salah 
kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol serangan balik yang indah.

Diawali serangan balik dari corner-nya West Ham United, Trent Alexander-Arnold mengirim umpan lambung ke Shaqiri yang berlari melewati garis tengah.

Shaqiri tanpa mengontrol bola langsung mengirim umpan lambung ke Mohamed Salah yang menusuk ke kotak penalti. Salah dengan kontrol yang apik lantas mencotek bola ke gawangnya Fabianski.

West Ham United coba keluar menekan. Tapi mereka kesulitan membongkar pertahanan Liverpool yang tinggi.

Gol ketiga Liverpool!

Di menit ke-84, Georginio Wijnaldum mencatatkan namanya di papan skor buat Liverpool. Berawal dari pergerakan Firmino yang bermain satu dua dengan Chamberlain, Firmino melewati hadangan para bek dan mendapat ruang tembak.

Firmino lantas mengirim bola ke Wijnaldum yang berdiri lebih bebas. Pemain asal Belanda itu tanpa cela meneruskannya jadi gol.

Gol hiburan West Ham United!

Di menit ke-87, Craig Dawson mencetak gol buat West Ham United. Dari situasi tendangan sudut, dirinya mampu menyambut bola dengan kakinya dan mengoyak gawang Alisson.

Hingga laga tuntas, skor akhir 3-1 buat Liverpool.

Susunan Pemain:

West Ham United: Fabianski, Cresswell, Coufal, Dawson, Ogbonna, Rice, Fornals (Yarmolenko 62′), Soucek, Benrahma, Bowen (Fredericks 79′), Antonio (Noble 79′).

Liverpool: Alisson, Roberton, Phillips, Henderson, Alexander-Arnold, Wijnaldum, Thiago, Milner (Jones 57′), Shaqiri (Firmino 69′), Salah, Origi (Chamberlain 80′). (dts/ras)