Kedan Ombudsman Sumut Sebut Layanan Publik Masih Bobrok

sentralberita | Tebingtinggi ~
Kedan Ombudsman Sumatera Utara, Ratama Saragih mengapresiasi pernyataan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Laporan Akhir Tahun Ombudsman RI yang diadakan pada Senin (8/02/2021) di Jakarta. Dimana dalam sambutannya itu Presiden Jokowi sangat berharap kualitas produk layanan publik harus dijadikan prioritas utama.

Namun harapan Presiden RI ke 7 ini,masih belum dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat pengguna pelayanan publik.

” Sayangnya ketika Presiden Jokowi mengatakan bahwa Pelayanan Publik yang bermutu merupakan wajah konkrit kehadiran Negara RI, namun dibalik wajah tersebut ada wajah kembaranya sebagai represantasi pelayanan publik yang bobrok, tak bermutu dan kaku di negeri tercinta ini,” ujar Ratama Saragih pada media.

” Faktanya masih saja ada warga, masyarakat yang dirugikan atas produk layanan publik yang kaku, birokratisasi, jebakan prosedural sehingga masyarakat pengguna layanan publik tidak bisa menikmati produk layanan publik itu sendiri,” sebutnya.

” Masalah Pertanahan, Pendidikan, Kesehatan adalah issu utama yang sangat urgen dicederai oleh lemahnya komitmen penyelenggara pelayanan publik itu sendiri.
Faktor kepentingan kekuasaan, wewenang dan harga diri penyelenggara pelayanan publik itulah sebenarnya mainset yang perlu di perbaiki sebagaimana keinginan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut,” ungkapnya.

Budaya “Dilayani” memjadi “Budaya Melayani” tak gampang di aplikasikan, tanpa ada komitmen bersama, tukas Ratama Saragih.(SB/jontob)