Jalur Tol Tebing Tinggi Pakai Satu Jalur Sementara

sentralberita | Medan ~ Pembangunan lanjutan tol Tebing Tinggi menuju arah Pematangsiantar hingga saat ini masih terus dikerjakan.

Selain itu pembangunan lanjutan juga dilakukan ke arah Indrapura.

Salah satu titik lokasi fokus pengerjaan saat ini dilakukan di areal sambung tepatnya di sekitaran tol Tebing Tinggi.

Kepala Gerbang Pintu Tol Tebing Tinggi, Giot Hutabarat mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan membuat satu lajur menjadi dua arah.

Satu lajur lagi terkena efek dari pembangunan lanjutan tol menuju arah Siantar. Sebab, akan dibangun jembatan fly over.

“Bukan kita tutup tapi mau dibuat satu jalur dua arah karena pembangunan mau ke Siantar. Nanti akan kita arahkan mobil satu lajur yang sudah kita buat dua arah. Nggak pernah kita tutup untuk masuk dan keluar Tebing Tinggi,” ucap Giot Hutabarat Senin (8/2).

Ia menyebut fly over dibangun di Km 84. Saat ini pengerjaannya terus dilakukan.

Sejauh ini pihak Jasa Marga Tol Operation (JMTO) masih belum memastikan kapan satu lajur dua arah akan diberlakukan.

Namun demikian, sudah dilakukan uji coba dan tidak ada kendala.

“Yang tahu kapan akan diberlakukan pihak Hutama Karya selaku kontraktor. Kita sudah lakukan ujicoba kemarin di tanggal 4 dan tanggal 6. Itupun satu jam saja tidak ada penutupan dan kalau rambu-rambu tetap kita buat,”kata Giot.

Keberadaan tol Tebing Tinggi arah Siantar saat ini banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Hal ini lantaran akan memperdekat jarak ke arah Danau Toba. Salah satu yang menunggu-nunggu adalah J Turnip, warga Kota Tebing Tinggi.

“Senang kali kita kalau cepat selesai tol Tebing Siantar karena mau ke Danau Toba pasti sudah jelas makin cepat. Cuma yang kita pinta kalau bisa tol yang baru nanti lebih rata lagi lah supaya jangan terbang-terbang di dalam mobil. Kita nggak tau lah apakah karena kondisi jalannya yang tidak rata atau karena hal lain, yang jelas kan sudah banyak kecelakaan. Dari Tebing ke Arah Lubukpakam dulu nggak rata saya nilai kalau sekarang sudah lumayan lah karena ada yang ditimpai aspal,” kata J Turnip. (tc/red)