Hutan Gambut di Perbukitan Danau Toba‎ Terbakar

sentralberita | Parapat ~ Kebakaran hutan gambut di lereng perbukitan Pusuk Buhit, kawasan pariwisata Danau Toba, tepatnya ?Desa Siogung Ogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat, 19 Februari 2021. Diperkirakan merambat sekitar 20 hektare.

Tidak korban jiwa dalam kebakaran itu. Tapi belum diketahui persis penyebab kebakaran. Pertugas Pemadam Kebakaran bersama Kepolisian setempat dan warga sekitar melakukan pemadaman agar api tidak merambat ke lahan lainnya.

Lokasi yang terjal dan susah dijangkau membuat proses pemadaman susah dilakukan. Namun, tim gabungan terus berusaha memadamkan bukit yang berada di pinggiran danau terbesar di Asia tenggara itu.

“Karena angin kencang dan lahan yang kering, api sulit dikendalikan. Apalagi titik api memang sulit dijangkau,” kata petugas kepolisian setempat, ?Aiptu Awaluddin, pada Minggu, 21 Februari 2021.

Untuk mencegah meluasnya api dan hal serupa tidak terjadi, Kepolisian mengimbau warga agar tidak melakukan pembakaran lahan dengan alasan pembukaan lahan baru. 

Pusuk Buhit juga merupakan salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba yang berada di ketinggian 1.982 meter di atas permukaan laut. Bukit Pusuk Buhit terletak di area Pulau Samosir. Bukit itu berada di tiga area Kecamatan, yaitu Pengururan, Sianjur Mula-mula, dan Harian Boho, Kabupaten Samosir. (01/red)