Dinilai Paling Siap, PWI Sumut Dipercaya Penyelenggara Pertama UKW Kerjasama Dewan Pers-PWI, 23-25 Februari 2021

sentralberita|Medan~Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kerja sama Dewan Pers-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan digelar di Medan, 23-25 Februari 2021.

“PWI Sumatera Utara dipercaya sebagai penyelenggara pertama UKW kerja sama Dewan Pers-PWI,” ujar Ketua PWI Sumut H Hersmanjah didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal R Surya dalam keterangan persnya, Senin (8/2/2021).

Dari seluruh provinsi yang menggelar UKW Dewan Pers, PWI dipercaya sebagai penyelenggara di 10 provinsi dan salah satunya di Sumut.

“Karena Sumut yang dinilai paling siap, maka ditetapkan sebagai penyelenggara pertama pada 23-25 Februari,” ungkap Herman.

Diuraikan, UKW Dewan Pers- PWI terdiri dari sembilan kelas (54 peserta) yakni, tingkat utama dua kelas atau 12 peserta, madya dua kelas (12) dan tingkat muda lima kelas atau 30 peserta.

“Namun untuk menghindari terjadinya kekurangan peserta karena absen atau tidak bisa hadir karena berbagai sebab PWI Pusat menetapkan cadangan, ” ungkapnya.

Jadi lanjut Herman
seluruh peserta yang ditetapkan PWI Pusat sebanyak 60 peserta atau enam orang sebagai cadangan. Perinciannya tingkat utama 13 peserta (1 cadangan), madya 13 peserta (1 cadangan), dan muda 34 peserta (4 cadangan).

“Seluruh peserta (60 orang) ini akan mengikuti pembekalan atau pra UKW pada 17 Februari secara virtual (zoom meeting). Ini wajib diikuti seluruh peserta ” tegas Herman.

Undangan untuk peserta yang akan mengikuti UKW dan pra UKM akan disampaikan oleh Dewan Pers dan PWI Pusat. “Jadi hanya yang akanmenjadi peserta akan mendapat undangan,” tegasnya.

Khusus tingkat utama lanjutnya, juga diharapkan ikut serta “Media Talk: Pemberian Ramah Anak” pada Selasa, 10 Februari pukul 13.00- selesai (undangan menyusul).

Terakhir Herman menegaskan kepada seluruh peserta UKW untuk mengikuti rangkaian kegiatan karena berkaitan dengan penjelasan serta materi yang akan diujikan.

Di samping itu Herman menambahkan, bagi peserta yang belum mendapat kesempatan untuk ikut UKW kali ini, masih ada kesempatan untuk mengikuti UKW kembali pada Maret mendatang.

“PWI Sumut akan menggelar UKW kerja sama dengan Dinas Kominfo pada Maret mendatang. Bagi yang belum mendapat kesempatan kali ini masih bisa ikut kembali.

Namun tentu akan diseleksi kembali sesuai dengan kuota yang tersedia, ” ujarnya.
Terakhir dikatakan, PWI Sumut juga akan menggelar seleksi penerimaan anggota muda dan kenaikan tingkat anggota biasa.(SB/01/rel)