Deklarasi FWHA MNI Sumut di HPN Ke-75, Tegakan Iklim Pers Pancasila sebagai Pemersatu

sentralberita | Medan ~Hari Pers Nasional (HPN) Ke-75 pada Selasa 9 Februari 2021 menjadi hari bersejarah bagi Forum Wartawan Hanukara Aptanta (FWHA) Masyarakat Nusantara Indonesia (MNI) Sumut.

Bertepatan pada HPN Tahun 2021 ini, pengurus FWHA MNI Sumut dideklarasikan sebagai salahsatu Badan Forum dibawah Majelis Kehormatan Forum Masyarakat Nusantara Indonesia (MKFMNI) Sumut, Selasa (9/2/2021) di Kantor Pimnas/Sekretariat Bersama MKFMNI Jalan AR Hakim No.177 C Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Pada deklarasi tersebut, Ketua MKFMNI Sumut Khairuddin Nasution langsung melantik Muhammad Fahmi S.Sos sebagai Ketua FWHA MNI Sumut, Sekretaris Rony Zuardi dan Bendahara Muhammad Nazaruddin.

Penunjukkan pengurus FWHA MNI Sumut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 001/A-SK/MKFMNI/SUMUT/II/2021, ditandatangani Ketua MKFMNI Sumut, Khairuddin Nasution SE dan Sekretaris Muhammad Muttaqin S.Kom M.Kom, tertanggal 08 Februari 2021.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri, Ketua Umum MKFMNI DF Rangkuti SE, Sekretaris Umum Loly Opin Saestue S.Sos, Ketua MKFMNI Sumut Khairuddin Nasution SE, pengurus MKFMNI Sumut serta FWHA MNI Sumut.

Ketua Umum MKFMNI DF Rangkuti SE dalam sambutannya mengatakan, selamat atas deklarasi pengurus FWHA MNI Sumut, dan diharapkan bisa tetap solid dalam menjalankan amanah yang telah ditentukan.

Terkait deklarasi FWHA KNI Sumut bertepatan dengan HPN. DF Rangkuti mengatakan, FWHA MNI sebagai Forum wartawan diharapkan memperkuat persatuan pengurus.

“Soal beredarnya polemik dari organisasi profesi pers di Sosial Media menyangkut perbedaan memperingati Hari Lahir Pers (HPN dan PWI). Pada prinsipnya, FWHA MNI Sumut mengikuti sesuai diperingati pemerintah yakni HPN. Baik tidak baik, kita tetap menjunjung tinggi pemerintah yang sah,” ungkapnya.

DF Rangkuti juga menambahkan, MKFMNI merupakan mitra kerja dari Pemerintah. Dan sudah tentu mengikuti pemerintah yang sah

Sementara itu Sekretaris Umum MKFMNI, Loly Opin Saestue S.Sos mengatakan, HPN 2021 ini menuntut iklim pers di Indonesia sesuai dengan dasar negara. Ini sebagaimana terapannya adalah Pers Pancasila, yang memuat nilai-nilai Pancasila dalam langkah, kegiatan, tujuan serta cita-cita perjuangan bangsa.

” Pancasila sebagai pemersatu dan bukan alat pemisah. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat relevan sebagai solusi iklim pers di Indonesia,” sebutnya.

Loly Opin juga menegaskan kritik terhadap lembaga Dewan Pers yang sampai saat ini belum dapat berbuat banyak, membawa iklim pers di Indonesia

” FWHA MNI membuka peluang kajian tentang masa depan pers. Ini terkait hukum pers, ekonomi pers serta peranan pers pembangunan dan perdamaian internasional,” jelasnya.

Lembaga FWHA MNI, tegas Loly Opin, siap menjalin kerjasama dengan lembaga dan institusi pers swasta, dan pemerintah dalam hal mendukung program pembangunan nasional.

Ketua MKFMNI Sumut, Khairuddin Nasution SE dalam sambutannya mengatakan, semoga amanah yang diberikan kepada FWHA MNI bisa dijalankan dengan baik.

” Saya minta FWHA MNI tetao menjalankan amanah yang diberikan. Dan saran saya, intinya seluruh forum di MKFMNI Sumut saling bersinergi, agar tidak tumpang tindih,” ungkapnya singkat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua FWHA MNI Sumut Muhammad Fahmi S.Sos menegaskan, tetap menjunjung tinggi fungsi dan amanah yang diberikan MKFMNI Sumut. Untuk langkah selanjutnya kedepan, pengurus FWHA MNI Sumut akan melakukan program kerja.

“Kita (FWHA-red) tetap akan bersinergi kepada Forum MKFMNI. Dan menjalankan amanah dan fungsi yang telah ditentukan MKFMNI Sumut,” sebutnya singkat.(SB/01)