Aston Villa Sikat Arsenal: The Gunners Tumbang 0-1

sentralberita | Birmingham ~ Aston Villa berhasil meraih kemenangan di pekan ke-23 Liga Inggris musim ini. Menjamu Arsenal, Jack Grealish dkk menang tipis 1-0.

Bermain di Villa Park, Sabtu (6/2/2021), gol tunggal kemenangan Villa dicetak oleh Ollie Watkins saat laga baru berjalan 74 detik, memanfaatkan blunder Cedric Soares. Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya.

Hasil ini mengantarkan Villa naik ke urutan delapan klasemen sementara Liga Inggris dengan 35 poin. Sementara The Gunners turun ke posisi sepuluh, mengumpulkan 31 poin.

Jalannya pertandingan:
Tuan rumah langsung unggul cepat saat laga belum genap dua menit. Kesalahan umpan dari Cedric Soares direbut oleh Bertrand Traore, yang kemudian masuk ke kotak penalti dan melepaskan crossing kepada Ollie Watkins.

Watkins menuntaskan umpan tersebut dengan sepakan keras ke gawang Arsenal. Bola sempat membentur Rob Holding, namun tetap gagal dibendung kiper Mathew Ryan yang hari ini menggantikan Bernd Leno. GOL! Aston Villa memimpin 1-0.

Peluang Arsenal baru tercipta di menit ke-29. Granit Xhaka melepaskan tendangan bebas cantik ke gawang Aston Villa, tapi Emiliano Martinez berhasil menepisnya keluar lapangan. Semenit berselang, sundulan Holding lewat situasi sepak pojok masih melebar.

Villa tak diam saja seusai unggul. Di menit ke-31, Traore hampir saja menggandakan keunggulan tuan rumah usai menerima through pass dari Ross Barkley, namun tendangan chip-nya masih aman dihalau Ryan. Bola muntah coba dituntaskan Barkley, namun sepakannya diblok Gabriel.

Holding kembali mendapat peluang di menit ke-33 lewat situasi tendangan bebas, namun sundulannya melambung di atas gawang. Skor 1-0 untuk Villa bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Aston Villa langsung menekan sejak awal. Barkley mendapat kans untuk mencetak gol di menit ke-48, tapi sepakannya pelan dan mudah ditangkap Ryan.

Watkins kembali mengancam di menit ke-50, namun bisa ditepis Ryan. Barkley lagi-lagi mendapat kesempatan di menit ke-52, namun tembakannya melenceng dari sasaran.

Arsenal coba keluar dari tekanan. Ada Nicolas Pepe yang mencoba peruntungan di menit ke-52, tapi sepakannya melebar di sisi kiri. Villa langsung membalas dengan sepakan jarak jauh John McGinn di menit ke-54, namun Ryan berhasil menepisnya.

Arsenal menyerang lagi. Hector Bellerin juga melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-56, kali ini berhasil diamankan Martinez.

Situasi yang buntu membuat Arsenal 
memasukkann Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-59, menggantikan Lacazette. Serangan Arsenal langsung hidup lagi.

Aubameyang punya peluang menyamakan kedudukan di menit ke-67, namun sundulannya masih melebar di sisi kiri gawang Martinez. Dua menit berselang, sepakan Pepe ditepis oleh kiper Argentina itu.

Aston Villa kembali menekan lewat Jack Grealish di menit ke-79, tetapi Ryan berhasil menepis tembakan kaki kirinya. Semenit kemudian, sundulan Gabriel ke gawang Villa mudah saja diamankan Martinez.

Martin Odegaard mendapat peluang emas saat berdiri bebas di kotak penalti Villa pada menit ke-84, namun sepakannya melambung di atas gawang. Jacob Ramsey membalas dengan mengancam gawang Arsenal di menit ke-89, dan Ryan lagi-lagi berhasil menepisnya.

Skor 1-0 untuk Villa menjadi penutup laga kali ini.

Susunan pemain:
Aston Villa: Marrtinez, Cash, Konsa, Mings, Targett, Nakamba, McGinn, Traore (Trezeguet 66′), Barkley (Ramsey 78′), Grealish, Watkins.

Arsenal: Ryan, Bellerin, Holding, Gabriel, Cedric (Odegaard 65′), Thomas (Willian 75′), Xhaka, Saka, Smith-Rowe, Pepe, Lacazette (Aubameyang 59′). (dts/red)