PTPN IV Raih Penghargaan Indonesia Public Relation Award 2021

Budi Susanto, SEVP Business Support PTPN IV.

sentralberita|Medan~PTPN IV menerima penghargaan pada ajang Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2021 yang diselenggarakan Warta Ekonomi research and consulting dengan tema “Navigating the Better Future”, dari kawasan Semanggi Jakarta Selatan, pada Selasa (26/1/2021).

Penghargaan diberikan secara virtual oleh Muhamad Ihsan, selaku CEO & Chief Editor Warta Ekonomi di Jakarta kepada Budi Susanto SEVP Business Support PTPN IV didampingi Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan Riza Fahlevi Naim dan Corcom PTPN IV Syahrul Aman Siregar di ruang Elaeis Kantor Direksi PTPN IV Jalan Letjen Suprapto No 2 Medan.

Muhammad Ihsan mengatakan, sektor agribisnis memberikan kontribusi positif terhadap ekspor Indonesia untuk menyelamatkan devisa negara dan itu tidak akan terdengar kalau pihak public relation (PR) dan perusahaan tidak mengkomunikasikan dengan baik terutama peran sumber daya manusia.

Budi Susanto dalam speech mengatakan, atas nama manajemen PTPN IV mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada PTPN IV, sehingga penghargaan ini akan lebih memotivasi karyawan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam bekerja dan berkarya di PTPN IV.

“PTPN IV sebagai salah perusahaan yang bergerak di industri perkebunan kelapa sawit memiliki sumber daya manusia sekitar 20 ribu karyawan, belum lagi di tambah dengan batih dan pensiunan, total sekitar 100 ribu orang”, sebut Budi Susanto.

Di bagian lain Budi Susanto mengatakan bahwa tentunya tidak mudah dalam mengelola sumber daya manusia yang cukup banyak, namun kita memiliki keyakinan, ketika kita berusaha memberikan yang terbaik bagi karyawan itu akan ada imbal balik yang positif bagi perusahaan.

Ia juga mengatakan bahwa manajemen PTPN IV dalam mengelola SDM fokus pada tiga hal yaitu keselamatan, kenyamanan dan kesejahteraan karyawan yang harus diiringi dengan kinerja terbaik dari masing-masing karyawan.

Saat ini memang diakui bahwa pertumbuhan biaya tenaga kerja cukup tinggi, namun dengan diimbangi kreativitas serta inovasi yang dilakukan karyawan, manajemen berharap insya Allah semua bisa terpenuhi, kata Budi Susanto.

Budi Susanto juga mengatakan peran public relation sendiri di industri perkebunan cukup strategis, seperti yang sama-sama kita ketahui bersama bahwa beberapa tahun terakhir black campaign terhadap industri kelapa sawit cukup gencar dan peran dari public relation harus mampu memberikan berita dan informasi yang benar tentang industri kelapa sawit yang ada di Indonesia.

Manajemen PTPN IV berkomitmen dalam mengelola industri perkebunan yang sustain serta berwawasan lingkungan dan memenuhi semua ketentuan dan peraturan yang ada.

Pada prinsipnya manajemen PTPN IV tetap komit dalam upaya memenuhi kriteria perusahaan yang berwawasan lingkungan dengan memenuhi syarat-syarat sertifikasi RSPO, ISPO dan ISCC, sebut Budi Susanto.

Acara diisi dengan welcome speech dari Muhamad Ihsan dan Fadel Muhammad Founder & Presiden Komisaris Warta Ekonomi dan keynote speaker Agung Laksamana, selaku Ketua Perhumas.

Riza Fahlevi Naim mengatakan, tim peneliti Warta Ekonomi dalam melakukan penelitiannya terkait penghargaan IPRA 2021, dengan menggunakan metode media monitoring melalui analisis konten.

“Periode sentimen positif yang dinilai mulai dari Agustus s/d Desember 2020 diberikan kepada 15 sektor industri antara lain, agribisnis, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, perbankan, dan consumer goods. sektor lain mencakup ritel, energy, minyak dan gas, properti dan konstruksi, pertambangan, otomotif, transportasi, foundation, informasi, teknologi dan komunikasi”, tutup Riza Fahlevi Naim.(Rel/Wie)