Petugas Penyuluh KB di Seluruh Wilayah Ditambah

sentralberita | Jakarta ~ Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui usulan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo untuk menambah jumlah petugas penyuluh keluarga berencana (KB). Sehingga, makin dapat menyentuh masyarakat di bagian pelosok Tanah Air.

“Tadi dokter Hasto menyampaikan agar ini bisa ditambah, saya jawab bisa,” kata Jokowi dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kemitraan Program Bangga Kencana Tahun 2021 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Penambahan petugas penyuluh KB diperlukan, dikarenakan memang Indonesia membutuhkan petugas yang dapat bekerja di lapangan sehingga bisa menyentuh masyarakat. Pemerintah membutuhkan petugas yang bisa bekerja melakukan pembinaan penyuluhan dan pelayanan KB di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk mewujudkan kampung KB di seluruh Tanah Air dan mewujudkan keluarga yang bahagia dan sejahtera,” ujar Jokowi.

Berdasarkan data yang diterimanya dari BKKBN, saat ini jumlah petugas penyuluh KB desa dan sub petugas penyuluh KB ada sebanyak 1,2 juta orang. Dari angka itu, 13.000 di antaranya adalah petugas penyuluh KB yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dan ada petugas lapangan KB non-PNS sebanyak 9.600 orang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melihat kehadiran kader dan penyuluh KB di desa-desa bukan hanya untuk pengendalian kependudukan, melainkan juga memiliki tujuan besar untuk meningkatkan kualitas keluarga di tingkat kampung dan desa dalam upaya mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas, sehat, sejahtera, dan bahagia.

“Dan apa yang dikerjakan BKKBN sangat strategis bagi masa depan bangsa dan negara kita, karena sesungguhnya keluarga adalah tiang negara,” tutur Jokowi.

Menurutnya, jika seluruh keluarga hidup berkualitas, maka Indonesia juga akan berkualitas dan sejahtera. “Dan jangan lupa di tengah keluarga akan lahir keluarga yang sehat dan berkualitas,” ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih serta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh jajaran BKKBN dan kader penggeraknya di desa dan kampung yang telah membantu peningkatan kualitas keluarga yang sehat, sejahtera, dan bahagia. (bs/ras)