Man City Libas Sheffield: 1-0

sentralberita | Manchester ~

Manchester City melanjutkan rentetan kemenangannya di Premier League. The Citizens menang 1-0 atas Sheffield United berkat gol Gabriel Jesus.

Laga Man City vs Sheffield dalam lanjutan Premier League digelar di Etihad Stadium, Sabtu (30/1/2021) malam WIB. Tuan rumah sudah unggul saat laga baru berjalan sembilan menit lewat sepakan Gabriel Jesus.

Pada babak kedua, City melanjutkan dominasinya. Namun, kiper Sheffield Aaron Ramsdale melakukan beberapa penyelamatan penting untuk mencegah City menambah gol.

Bagi City, ini adalah kemenangan kedelapan secara beruntun yang mereka bukukan di Premier League. Tim arahan Pep Guardiola itu pun melebarkan jarak di puncak klasemen Liga Inggris.

Manchester City nyaman di posisi teratas klasemen Liga Inggris dengan 44 poin dari 20 pertandingan, unggul empat angka atas Manchester United. Sementara Sheffield belum beranjak dari dasar klasemen dengan delapan poin.

Jalannya Pertandingan

City yang tampil dominan tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan. Pada menit kesembilan, Gabriel Jesus membawa City memimpin 1-0.

Gol ini berawal dari Ferran Torres yang mendapat bola di sisi kanan. Dia kemudian masuk ke kotak penalti dan mampu melepaskan diri dari kawalan pemain Sheffield.

Torres mengoper bola kepada Gabriel Jesus yang ada di depan gawang. Berdiri bebas tak terkawal, Jesus kemudian menjebol gawang Sheffield dengan tendangan jarak dekat.

Upaya pemain Sheffield untuk melakukan backpass nyaris jadi bencana. Bola yang disundul Ethan Ampadu justru mengarah ke Bernardo Silva. Silva kemudian menanduk bola, tapi bola masih bisa diamankan Aaron Ramsdale.

Kans terbaik didapat Sheffield. Serangan yang mereka bangun diakhiri dengan tembakan Rhian Brewster dari depan kotak penalti. Namun, bola tendangan Brewster itu mengarah tepat ke Ederson.

Sampai turun minum, tidak ada tambahan gol yang tercipta.

Peluang untuk City di awal babak kedua. Ruben Dias meneruskan bola tendangan sudut dengan sundulan. Upaya Dias itu masih menyamping dari gawang Sheffield.

Umpan silang Ferran Torres nyaris disambar oleh Gabriel Jesus yang ada di depan gawang. Namun, Ramsdale lebih sigap mengamankan bola.

Sebuah serangan yang dibangun City diakhiri dengan tembakan Zinchenko dari luar kotak penalti. Sepakan Zinchenko itu memaksa Ramsdale melakukan penyelamatan. Itu adalah tembakan on target pertama City di babak kedua.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Sheffield lebih gencar melancarkan serangan. Tekanan dari Sheffield diakhiri dengan tembakan Fleck dari luar kotak penalti, tapi bola masih belum tepat sasaran.

Gabriel Jesus nyaris menambah gol di injury time. Menerima bola dari Phil Foden, Gabriel Jesus mencoba mengarahkan tembakan ke tiang jauh. Tapi Ramsdale masih bisa menebak arah bola dan melakukan penyelamatan.

Skor 1-0 untuk keunggulan City bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Manchester City XI: Ederson, Walker, Laporte, Dias, Zinchenko, Bernardo Silva, Fernandinho, Gundogan, Ferran Torres (Rodrigo 90′), Gabriel Jesus, Foden

Sheffield United XI: Ramsdale, Basham (McBurnie 78′), Egan, Bogle, Ampadu, Baldock, Lundstram, Norwood, Fleck, Burke (Sharp 78′), Brewster (McGoldrick 62′) (dts/ras)