Listrik Gratis Dibatasi Cuma 720 Jam, Kelebihan BAYAR







sentralberita | Jakarta ~ Mekanisme penyaluran stimulus diskon listrik mengalami perubahan. Diskon listrik 100% atau listrik gratis untuk pelanggan 450VA dan diskon 50% golongan 900VA subsidi pasca bayar dibatasi sampai 720 jam nyala atau setara 324 kWh untuk 450VA dan 648 kWh untuk 900VA subsidi.



Bagaimana jika pemakaian lebih?



Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengatakan, maka pelanggan 450VA akan membayar tarif normal yakni tarif yang sebenarnya sudah disubsidi oleh pemerintah.



“Di atas itu maka dikenakan tarif normal subsidi jadi sebenarnya tarifnya sudah disubsidi sebelumnya, tapi didiskon lagi sehingga diskonnya 100%,” kata Bob dalam teleconference, Jumat (22/1/2021).



Hal yang sama juga berlaku untuk 900VA subsidi. Jika pemakaiannya lebih dari 720 jam nyala maka akan dikenakan tarif normal yakni tarif yang sudah disubsidi.



Baca juga:Perhatian! Listrik Gratis Sekarang Dibatasi



“Lebih dari pada itu dikenakan tarif normal yang sebenarnya disubsidi juga. Jadi mereka bayar tidak ada diskon 50%-nya,” ujarnya.



Bob menambahkan, untuk mekanisme penyaluran stimulus pasca bayar golongan sosial, bisnis dan industri tidak mengalami perubahan.



“Tidak ada perubahan 450VA untuk bisnis, industri, sosial ini juga diberikan diskon,” ujarnya. (dtf/ras)