Diwarnai Aksi Unjukrasa, Aparat kawal ketat Raker Kanwil Kemenagsu

sentralberita|Medan~sentralberita|Medan~Pelaksanaan Rapat Kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di salah satu hotel menuju Bandara Kuala Namu Deli Serdang Sumut, selama dua hari (27-28/1) mendapat pengawalan ketat dari petugas keamanan baik Polri dan TNI, karena diwarnai aksi unjuk rasa.

Pantauan wartawan,kegiatan raker dilaksanakan selama dua hari itu, menurut sumber dikawal aparat berseragam akibat diterpa isu demo dari salah satu elemen masyarakat yang menyampaikan protes guna menolak proses penyegaran pejabat Eselon III dan IV di jajaran Kememagsu,beberapa hari lalu, karena dinilai menyalahi aturan pemerintah.

Bahkan aksi demo puluhan orang berturut diawali di depan Kantor Wilayah Kemenag Sumut (26/1) dilanjut aksi demo pun tetap digelar LSM Gerakan Baru Anti Korupsi (Gebak) di depan areal hotel tersebut.

Massa Gebak menegaskan bahwa proses mutasi pejabat yang baru dilakukan melanggar Surat Menteri Agama sebagai tindaklanjut KepMENPAN RB, PP Nomor 99 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 12 Tahun 2002 pasal 33 tentang Kenaikan Pangkat PNS.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr.H. Nizar Ali dalam sambutannya saat kegiatan itu menegaskan bahwa soal jabatan yang diemban wajib mematuhi aturan yang berlaku dengan didukung kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan.

Bahkan Nizar menegaskan bahwa sepatutnya ASN berkeyakinan bahwa jabatan itu semua sesuai takdir, sehingga tidak harus dikejar dengan segala cara,seperti terjadi di era pejabat kakanwil sebelumnya.

Dia juga mengungkapkan, jika dalam struktur organisasi ada pejabat yang posisinya lebih rendah padahal dari segi golongan kepangkatan ternyata lebih tinggi, maka sebaiknya pejabat yang berwenang segera dimutasi /dipindahkan , sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang bersifat emosional juga psikologis.

Statemen Sekjend Kemenag Nizar Ali tersebut kontan menuai keresahan di jajaran ASN peserta Raker Kanwil Kemenagsu tersebut.

Pasalnya di salah satu bidang ada pejabat Eselon III yang golongan kepangkatannya lebih rendah dari jajaran di bawahnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenagsu, Drs. H.Syahrul Wirda dalam sambutannya pada raker terkait manajemen kerja itu mengharapkan kepada ASN untuk meningkatkan layanan sejalan dengan Lima Budaya Kerja Kemenag.

Kanwil didampingi Ketua Panitia. Dr H.M David Saragih juga menegaskan bahwa setiap kebijakan yang diambil adalah sesuai dengan aturan yang berlaku di negara ini.

Lebih lanjut Ketua Panitia David Saragih yang juga Kabag TU Kanwil Kemenag Sumut menjelaskan bahwa sumber Dana kegiatan raker berasal dari setiap satuan kerja di lingkungan Kemenagsu untuk peningkatan kinerja serta melakukan evaluasi terkait kinerja pegawai guna menyusun program di tahun berikutnya.

Kasubbag umum dan humas Kanwil Kemenag Sumut ,Darwis Nasution saat dikonfirmasi, membenarkan adanya aksi demo elemen masyarakat di sela sela Rapat kerja Kanwil Kemenag Sumut di hotel Wing Kualanamu.

Sesuai jadwal,Raker tersebut berakhir Kamis petang (28/1) dengan membuahkan rumusan tentang program kerja masing masing Satuan kerja tahun 2021.(SB/DN)