CVR Sriwijaya Air Masih Raib

sentralberita | Jakarta ~ Black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 berupa CVR (cockpit voice recorder) masih belum ditemukan. Namun, tim SAR gabungan berhasil menemukan pelindung atau body protector CVR Sriwijaya Air SJ182.


“Jadi dari KN Baruna Jaya hari ini terus melaksanakan pencarian dengan dibantu dari penyelam dari TNI AL dan masih belum ada hasil. Hanya kami mendapatkan informasi, namun ini belum pasti, sehingga saya belum bisa laporkan. Tapi CVR itu sendiri belum ketemu,” ungkap Kepala Basarnas Marsma TNI Bagus Puruhito dalam jumpa pers di JICT II, Kamis (14/1/2021).

Bagus menjelaskan kalau pencarian CVR masih terus dilaksanakan. Tim SAR gabungan menggunakan alat berupa sonar untuk mendeteksi keberadaan CVR di dasar laut.

“Namun proses pencarian masih tetap dilaksanakan dan malam ini juga diteruskan dengan menggunakan peralatan sonar itu sendiri,” tuturnya.


Selanjutnya barulah Bagus membeberkan perkembangan dari pencarian CVR SJ182. Perkembangan penting dimaksud yakni penemuan body protector CVR Sriwijaya Air SJ182.

“Kembali saya ulangi bahwa masih dilaksanakan. Saya tambahkan bahwa saya sudah komunikasi dengan Ketua KNKT maupun panglima armada yang di lokasi, info yang kami dapatkan baru casing-nya, bungkus, atau body protector dari CVR itu,” tegas Bagus. (Dtc/ras)