Awas Longsor di Pancur Batu, Jalur Medan-Karo Terancam Putus

sentralberita | Medan ~  Badan jalan tepatnya di Jalan Jamin Ginting Km 23, Desa Tiang Layar, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, tergerus longsor.

Mengantisipasi terjadinya kecelakaan Unit Lantas Polsek Pancur Batu terpaksa memasang plang dan rambu-rambu pembatas jalan tersebut, Rabu (20/1/2021).

Kanit Lantas Polsek Pancurbatu Iptu Sehat Sinulingga, mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan dan risiko kecelakaa unit yang dia pimpin melakukan buka tutup jalur demi kelancaran lalu lintas.

“Kondisi arus lalulintas saat ini di Jalan Jamin Ginting Km 23, Desa Tiang Layar, Kecamatan Pancurbatu, kami berlakukan sistem buka tutup,” kata Iptu Sehat Sinulingga. 

Bahu jalan tersebut mulai longsor pada Senn (18/1/2021) malam lalu. Ada pun bahu jalan longsor, kurang lebih satu, meter, dan perlahan longsor tersebut berdampak pada keretakan aspal dan badan jalan uang terus menerus menurun. 

Apalagi, kata Iptu Sehat pada Selasa Malam lokasi tersebut kembali terjadi longsor susulan. Kini, badan jalan pun semakin menyempit. 

“Karena badan jalan menyempit kami mamasang rambu pembatas jalan di tengah badan jalan,” ujarnya.

Iptu Sehat Sinulingga menganjurkan agar pengensara yang melintas menuju Medan dari Berastagi atau sebaliknya berhati-hati.

Pengemudi juga dia sarankan agar tidak saling mendahului dan  lebih berhati-hati melintasi lokasi longsor. 

Sejauh ini kata Iptu Sehat, Polsek Pancur Batu telah melaporkan kondisi badan jalan tersebut ke Balai Jalan. “Ada lima orang dari pihak balai jalan sudah mengukur lebar bahu jalan longsor untuk ditindaklanjuti perbaikan,” ungkapnya. (tc/ras)