Tak Mampu Kembalikan SISUKA, Kopdit CU. Nusantara Kolaps?

sentralberita | Tebingtinggi ~Koperasi Perkreditan (Kopdit) Credit Union (CU) Nusantara Kota Tebingtinggi tidak mampu mengembalikan Simpanan Sukarela Berjangka (SISUKA) meskipun telah jatuh tempo penarikan.

Hal itu diungkapkan HT salahsatu anggota Kopdit CU. Nusantara kepada media di bilangan Jalan Pusara Pejuang Kota Tebingtinggi usai melaporkan kepastian hukum terhadap apa yang dialaminya ke Polres Tebingtinggi pada Selasa, (26/1/2020).

HT salahsatu yang menginvestasikan sejumlah uangnya dan sudah jatuh tempo sejak Desember 2020 telah melakukan upaya pendekatan secara kekeluargaan dan bahkan melalui kuasa hukumnya telah melayangkan somasi tiga kali namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil atas pengembalian uangnya dari produk SISUKA Kopdit CU. Nusantara.

Informasi beredar, manager Kopdit CU. Nusantara Tebingtinggi berinisial BB telah dipecat namun belum diketahui kepastiannya apakah pemecatan tersebut terkait permasalahan yang terjadi di dalam management CU simpan pinjam tersebut.

Dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA), Ketua Pengurus Kopdit CU Nusantara Robert Sitanggang enggan memberikan penjelasan terkait kondisi keuangan yang menimpa CU Nusantara saat ini. Ia hanya menyatakan pihaknya ada melapor ke polisi dan sedang dalam proses penyelidikan Polres Tebingtinggi.

” Sdh kita laporkn k Polres Tebing Tinggi.
Saat ini msh proses dan skrng kmi sdng mmprsiapkn plaksanaan Audit ekstrnal sesuai dng n salah satu kputusn Rapat Anggota Luar Biasa yg d gelar Minggu kmarin.
Tks,” tulis Robert Sitanggang melalui pesan whatsapp dan enggan memberitahukan kondisi sebenarnya Kopdit CU Nusantara.

Apapun yang terjadi di management CU Nusantara hingga tak mampu mengembalikan Simpanan Sukarela Berjangka anggotanya yang telah jatuh tempo membuktikan adanya ketidak beresan didalam Badan Pengurus itu sendiri sebab Badan Pengurus diangkat dan mendapat fasilitas untuk mampu melakukan monitoring, pengawasan di managemen Kopdit CU Nusantara yang menjalankan mandat kepercayaan dari anggota untuk mengkelola uang anggota yang tentu tidak sedikit.(SB/jontob)