Pemko Medan Siap Dukung Kelancaran Perayaan Natal &Tahun Baru 2021

sentralberita|Medan ~ Pemko Medan siap mendukung keamanan, kelancaran dan ketertiban perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2021. Dengan harapan, masyarakat khususnya umat Kristiani dapat menjalankan seluruh proses ibadah dengan tenang dan nyaman meski di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih melanda Kota Medan.

 Dukungan ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) sekaligus Plt Asisten Pemerintahan (Aspem) Setdako Medan Renward Parapat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2020 Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 Wilayah Hukum Polrestabes Medan di Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said Medan, Kamis (17/12). 

Dalam rapat yang dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko diwakili Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji ini, Asmum mengatakan agar perayaan Natal dilakukan dengan berpedoman pada Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI No.23/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

“Perayaan Natal tahun ini harus dilakukan berdasarkan pedoman SE Kemenag RI yang ada. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Kota Medan. Kita berharap, kondisi tersebut tidak mengurangi kekhidmatan perayaan demi menjaga keselamatan bersama,” kata Renward.

Selain itu, Renward mengajak dan mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun pada saat malam tahun baru. Tujuannya untuk menghindari adanya cluster baru yang berdampak pada peningkatan angka kasus Covid-19 di Kota Medan. Untuk itulah, Renward berharap semua pihak dapat melakukan koordinasi dan sinergi sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 berjalan aman dan lancar.

¬†“Semoga upaya yang kita lakukan dapat menjadikan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 berjalan kondusif. Untuk itu, kami mohon dukungan terutama masyarakat agar menyambut kedua momentum perayaan tersebut dengan tetap dan selalu memperhatikan protokol kesehatan,” harapnya didampingi sejumlah perwakilan OPD di antaranya Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono.

Sebelumnya, di hadapan peserta rapat yang dihadiri Dandenpom 1/5 Letkol CPM Amal Amri Tarigan, perwakilan Kodim 0201/BS, OPD di lingkungan Pemko Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Persatuan Gereja Indonesia (PGI), PMI, jajaran Polrestabes Medan serta unsur terkait lainnya, Wakapolrestabes Medan AKBP Sinuhaji menekankan agar semua pihak fokus pada pencegahan penyebaran Covid-19 dan bencana alam yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

 “Artinya, kita harus siap siaga. Saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, masyarakat memanfaatkan momentum hari libur. Oleh sebab itu, dibutuhkan koordinasi dari semua pihak sehingga seluruh kegiatan perayaan berjalan aman, lancar dan kondusif. Salah satunya yakni dengan mencegah terjadinya kerumunan massa,” kata Wakapolrestabes.

Melalui rakor lintas sektoral ini, sambung Wakapolrestabes, bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan, ungkapnya yakni dengan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan baik melalui media massa maupun secara langsung ke masyarakat.

“Selain itu, siap siaga mengantisipasi adanya kerawanan gangguan yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, terutama di rumah ibadah dan lokasi wisata. Untuk itu, mari kita tangani bersama sehingga perayaan natal dan tahun baru berjalan lancar,” ajaknya.

 Dalam rakor tersebut juga diungkapkan bahwa nantinya pada malam pergantian tahun akan ada penutupan dan pengalihan jalan menuju kawasan Lapangan Merdeka Medan. Tujuannya, agar masyarakat tidak merayakan malam tahun baru dengan berkerumun di tempat umum guna menghindari penyebaran Covid-19 dan menempatkan personil gabungan untuk pengamanan.(SB/KU)