Pasca Banjir, Warga Kampung Sejahtera Tanam Pohon Dibantaran Sungai Babura

sentralberita|Medan~Pasca banjir yang melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Haji Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, melaksanakan penanaman pohon di bantaran sungai Babura, Minggu (6/12/2020). Penanaman pohon yang dilakukan ini guna meningkatkan ketahanan tanah dan menjegah abrasi, selain itu juga, warga menginginkan sepanjang bantaran sungai Babura terlihat asri.

“Penanaman pohon yang dilakukan oleh warga dipinggiran sungai ini diharapkan dapat memberikan ketahanan pinggiran sungai Babura, selain itu juga direncanakan warga dapat menjadikan areal pinggiran sungai menjadi asri dengan dibuat tanam” ujar ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera, Aminurasid.

Tambahnya lagi, Sebelumnya dilokasi ini sangat jorok dan bau, karena warga membuang sampah di sekitar sini, makanya kami berinisiatif untuk membuat taman, bertujuan agar warga tak lagi membuang sampah di sungai”.

Warga Kampung Sejahtera, terlihat dari pagi pukul 07.00 Wib sudah berjibako melaksanakan gotong royong, membersihkannya sekitar kampung mereka, seluruh warga berkeinginan untuk membenahi Kampung Sejahtera menjadi lebih baik dan menjadi Kampung percontohan yang ada di tengah Kota Medan.

Setelah melakukan pembersihan kawasan kampung, warga terlihat membersihkan lapangan serbaguna yang berada di bantaran sungai Babura, akibat dampak banjir yang menyebabkan lapangan tersebut tertimbun pasir dan lumpur, secara bergotong royong, seluruh pasir dan lumpur yang menggenangi lapangan pun dibersihkan, selanjutnya disiram dengan mesin air milik masyarakat.

“Gotong royong memang agenda setiap Minggu, jadi karena kemarin malam banjir, jadinya kami pun bersama sama membersihkan lapangan serbaguna ini, karena tadi itu, lumpur dan pasir menggenangi lapangan serbaguna ini, jadi Alhamdulillah sudah bersih sekarang, dan semua pekerjaan kalau dilakukan secara bersama sama pasti cepat selesai” ujar Yusri, kepala lingkungan 3, Kelurahan Petisah Tengah.

Usai melaksanakan gotong royong, para warga pun menikmati makan siang bersama dilokasi lapangan serbaguna, yang dimasak oleh para kaum ibu, hal ini membuat masyarakat kampung sejahtera semakin kompak dan akrab. (SB/AR)