Lebih 8 Kali Ular Kobra Masuk ke rumah, Aulia Sambangi Rumah Tak Layak Huni di Marelan itu

sentralberita|Medan~Calon Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, kembali menyambangi rumah warga yang tak layak huni di kawasan Utara kota Medan.

Kali ini, pendamping Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution itu, mendatangi rumah milik Zubaidah (52), yang berada di Jalan Marelan Raya Gang Lurah, kelurahan Tanah 600, Medan Marelan, Rabu (2/12/2020)

Sebelumnya, Aulia melakukan pertemuan dan menyerap aspirasi masyarakat di Gang Smarshop, Lingkungan 8.

Dari Gang Smarshop Aulia berjalan kaki bersama warga, menunjukkan rumah yang tak layak huni tersebut. Kehadiran Aulia pun disambut masyarakat sekitar dengan sambutan hangat.

Saat menuju lokasi rumah, terdapat pula parit kecil di sepanjang gang, dan kondisinya telah berlumut dikarenakan parit sudah tak jalan hingga sering terjadi banjir walaupun di siang hari.

Sesampainya di rumah tak layak huni, Aulia disambut dengan tulisan yang menempel pada rumah nomor 198 ini, berlafaskan La ilaha illallah dan batu bata.

Batu bata ini direncanakan untuk merenovasi rumah Zubaidah. Namun apa daya perekonomian yang pas-pasan menjadikan batu bata ini hanya tersusun rapi hingga berlumut di depan rumahnya.

Aulia tak dapat menahan haru dan pilu karena merasa prihatin saat melihat kondisi rumah berdinding tepas dan atap yang rapuh dan bocor, serta lantai rumah yang pecah ditutup dengan karpet plastik.

Zubaidah merupakan seorang janda yang tinggal bersama anaknya, ia mengungkapkan curahan hatinya kepada Aulia Rachman.

“Saya tinggal sama anak saya inilah pak, berdua aja kami, gak pernah sekalipun dapat bantuan. Padahal saya janda dan kondisi rumah seperti ini lah pak,” ungkap Zubaidah sambil menunjukkan anak perempuannya yang berusia 8 tahun.

Mirisnya lagi, saat Zubaidah menceritakan dirinya yang pernah tidur dengan sejumlah ekor ular kobra.

“Pernah ular Kobra masuk ke rumah pak, dan gak sekali itu pak sudah ada 8 kali,” ujarnya.

Calon Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, yang mendengar keluhan warga kelurahan Tanah 600 itu, merasa prihatin. Pendamping mantu presiden Jokowi ini menyesalkan, tidak adanya perhatian dari pemerintah kota terhadap warga yang tidak mampu, khususnya di kawasan Medan bagian Utara.

“Masih ada warga tak mampu seperti bu Zubaidah ini yang tak mendapat perhatian, apalagi bantuan, saya heran dengan tugas dan peran Pemko Medan,” kata Aulia Rachman menyesalkan.

Pada kesempatan itu, Aulia juga berjanji akan memberikan bantuan berupa sejumlah bahan material untuk merenovasi rumah tak layak huni itu.

“Insyaallah, saya dan Bobby nanti akan bantu sejumlah bahan materialnya ya bu,” ujar Aulia.

Jika kelak terpilih, Pasangan nomor urut 2 itu juga akan melakukan pendataan ulang terhadap semua warga kota Medan, agar program bantuan sosial dari pemerintah pusat, bisa adil dan merata pembagiannya.(SB/01)