Jelang Akhir Tahun, Pasar Keuangan Akan Bergerak Stabil

sentralberita|Medan ~ Menjelang libur natal, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak dengan perdagangan yang relatif lebih sepi dari biasanya.    

Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin Senin (21/12) mengatakan kalau mengacu kepada data ekonomi, pekan ini khususnya di awal pekan kinerja pasar keuangan akan mampu berada di zona hijau. Hanya saja saat natal nanti ada sejumlah data penting yang diperkirakan akan memberikan tekanan.

 “Padahal di saat natal tersebut kita tengah berlibur,” kata Gunawan.Artinya kalau nantinya indek saham mengalami tekanan menjelang libur atau tertekan saat liburan telah usai. Maka pola penurunan itu akan mudah terlihat. Walaupun secara keseluruhan saya menilai di pekan ini sentiment positif pasar saham akan lebih mendominasi dibandingkan tekanannya.

Dari domestik tidak ada sejumlah sentimen penting yang akan mempengaruhi pergerakan pasar saham. Semuanya terlihat baik-baik saja. Dan saya melihat gejolak pasar berlebihan yang mungkin terjadi menjelang Natal ini juga tidak terlihat. Kejutan pasar mungkin saja bisa terjadi nanti menjelang libur tahun baru atau di pertengahan januari mendatang.

“Kalau kita mengkuatirkan kebijakan pembatasan aktifitas masyarakat karena adanya penambahan jumlah kasus covid 19. Saya menilai sentimen pemulihan dalam jangka panjang lebih terlihat dibandingkan dengan isu penambahan jumlah kasus covid 19 belakangan ini,” jelasnya.

Besar kemungkinan pasar keuangan akan lebih stabil pergerakannya dan bahkan mungkin akan leih buruk yakni pergerakan pasar keuangan terlihat membosankan. (SB/Wie)