Inovasi TTG dan Desain Motif Batik Digelar di Tebingtinggi

sentralberita | Tebingtinggi ~Pemerintah Kota Tebingtinggi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PMK) melaksanakan lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Posyantek Kecamatan se-Kota Tebingtinggi, Senin (21/12) di Aula Dinas PMK Tebingtinggi Jalan Gunung Leuser Kota Tebingtinggi.

Walikota Tebingtinggi melalui Juru Bicara Pemko Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian kepada media menjelaskan, selain lomba inovasi Teknologi Tepat Guna Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna), Dinas PMK juga menggelar lomba Desain Motif Batik Kota Tebingtinggi Tahun 2020.

Disebutkan, kegiatan dilaksanakan ini berdasarkan ketentuan Pasal 12 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010 tentang, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota.

” Kegiatan ini adalah salah satu upaya pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna dalam meningkatkan daya saing sumber daya masyarakat Kota Tebingtinggi,” katanya.

Menurut Dedi yang juga Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemko Tebingtinggi menjelaskan perlombaan terdiri dari masyarakat yang ada di kelurahan-kelurahan se-Kota Tebingtinggi termasuk pelajar tingkat SD dan SMA.

Untuk perlombaan inovasi Teknologi Tepat Guna, jelas Dedi, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ada 9 peserta. Sementara untuk perlombaan desain motif batik Kota Tebingtinggi diiikuti 17 peserta.

” Tujuan dari perlombaan ini adalah dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan efisiensi, efektivitas, mutu dan nilai tambah produk masyarakat melalui inovasi Teknologi Tepat Guna,” urainya.

Selain itu, harap Dedi Siagian, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan karya-karya teknologi kreatif, inovatif guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19.

” Tentunya kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan covid-19. Semoga dengan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produk guna membangkitkan geliat ekonomi di Kota Tebingtinggi,” tutupnya.(SB/jontob)