ACT Sumut Gelar Apel Kesiapsiagaan Hadapi Potensi Bencana di Sumut

sentralberita|Medan ~ Sebanyak 30 relaw dian berkumpul di Taman Cadika Medan Johor, Rabu (16/12). Dari pagi pukul 07.30 para relawan yang tergabung di dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumut sudah menyusun barisan, tanda akan diadakannya kegiatan Apel. Apel kali ini mengusung tema Siap Siaga dalam Menghadapi Potensi Bencana.

Tampak beberapa perwakilan dari berbagai Kordinator Relawan (Korda) terdekat dengan Medan, hadir disana, seperti Korda MRI Langkat, MRI Binjai dan MRI Deliserdang. Dengan dipimpin oleh Akbar selaku Pemimpin Apel, kegiatan berlangsung khidmat dan penuh semangat.

Selain dihadiri oleh para relawan ini, kegiatan ini juga dihadiri beberapa orang Staf ACT Sumut. Sakti Wibowo selaku Staf Program ACT Sumut pun ditunjuk menjadi Pembina Apel Kesiapsiagaan ini. Dalam kata sambutannya, Sakti mengajak seluruh relawan mulai saat ini hingga seterusnya selalu siap siaga. Karena bencana selama musim pancaroba sangat ekstirm, ini tidak dapat diprediksi.

Apalagi wilayah Indonesia terletak digaris rings of fire, yang merupakan zona yang berpotensi menghadapi bencana alam. Untuk itu kita mencoba memberikan edukasi kepada relawan, dan gerakan kerelawan untuk siap siaga bencana. Sebagai relawan siaga bencana yang memahami bagaimana menangani bencana, harus mengedukasi masyarakat agar mereka faham bagaimana cara menyelamatkan diri.

Agar kedepannya ketika terjadi bencana, masyarakat faham agar bisa menyelamatkan diri sendiri dan membantu menolong orang lain. 80% ketika bencana itu terjadi yang berhasil menyelamatkan diri adalah orang-orang yang tahu bagaimana menyelamatkan diri sendiri. Hal ini sangat bermanfaat kedepannya demi meminimalisir jumlah korban saat bencana.

Setelah apel Kesiapsiagaan usai, relawan pun melanjutkan kegiatan dengan simulasi kesiapsiagaan. Di simulasi ini juga relawan diberikan edukasi mengenal perlengkapan water rescue dan bagaimana cara menggunakannya. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan mitigasi bencana materi penyelamatan dalam air (water rescue) di danau buatan Taman Cadika Medan. (sb/ilham)