522 Pemukiman Warga di Desa Perbangunan Sei Kepayang Asahan Digenangi Air Setinggi 60 cm

sentralberita-Kisaran ~Sedikitnya 522 pemukiman warga serta areal persawahan masyarakat di 6 Dusun di Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang digenangi air setinggi 60 cm.

Sesuai laporan situasi dari Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Asahan,Senin (30/11/2020 ) sekitar pukul 23.30 Wib malam dijelaskan,genangan luapan air tersebut disebabkan intensitas hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Asahan dan wilayah hulunya.

Genangan air yang relative masih bertahan tersebut selain menggenangi pemukiman warga serta areal persawahan,genangan aur juga terlihat mengenangi 4 bangunan sekolah,1 Pustu serta 1 Poskesdes serta beberaoa ruas jalan utama Desa/Dusun tergenang dan terabrasi sedang.

“Hingga saat ini,kondisi genangan air setinggi 60 cm yang menggenangi pemukiman 522 Kepala Keluarga masih terlihat relative bertahan belum menunjukkan penyusutan.” Terang Kepala BPBD Kabupaten Asahan Asrul Wahid,SE,MSi kepada sentralberita.com melalui hubungan Whats App (WA) ,Selasa (1/12/2020) malam.

Dijelaskannya,untuk menindak lanjuti hal tersebut pihak BPBD Kabupaten Asahan telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana prasarana yang ada serta melakukan koordinasi dengan perangkat Desa, pihak Forkopimcam dan warga masyarakat setempat untuk posko siaga bencana dan dapur umum serta memberikan bantuan logistik pemenuhan kebutuhan dasar bencana banjir bagi warga.

Masih menurut Asrul,luapan air tersebut berasal dari benteng/tanggul rusak yang mengakibatkan air sungai mudah masuk ke pemukiman warga.

“Petugas kita terus melakukan pemantauan secara berkala real time lokasi yang terdampak dan tetap menghimbau warga terdampak agar tetap siaga serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi atas situasi yang berkembang saat ini.”Tutup Asrul.(SB/ZA).