TP PKK Kota Medan Semakin Gencar Sosialisasikan PHBS dan LBS

Sentralberita|Medan ~ Setelah dua Kelurahan yakni Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat dan Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Penjabat Sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho beserta jajaran terus gencar memberikan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Lingkungan Bersih dan Sehat.  Kali ini, Senin (9/11) giliran para kader PKK  Kelurahan Se Kecamatan Medan Selayang.

Kegiatan sosialisasi yang berpusat di Kantor Kelurahan Padang Bulan Selayang II Jalan Mawar, Medan Selayang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para Kader PKK kelurahan khususnya yang berada di kelompok dasawisma dan posyandu untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta nantinya menjadi agen perubahan bagi masyarakat wilayahnya masing-masing.  

Pjs Ketua TP PKK Kota Medan yang didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan Ismiralda Wiriya Alrahman dalam sambutannya mengatakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan sekumpulan perilaku yang dilakukan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri  sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

“PHBS mencakup berbagai perilaku dengan 10 indikator yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI Eksklusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan Air Bersih, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik dirumah sekali seminggu, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah,” ucap Dian.

Selanjutnya, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan juga mengatakan hidup sehat ini hanya dapat dicapai dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam gaya hidup sehari-hari. Oleh karena itulah perlu adanya pembinaan dan penyuluhan yang berkesinambungan kepada semua anggota keluarga agar mereka mau dan mampu atas kesadaran sendiri melaksanakan perilaku hidup sehat dan bersih.

“Karena itulah PKK sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penyuluh harus bisa menyampaikan program-program pembangunan khususnya program pembangunan kesehatan kepada masyarakat,” Kata Pjs Ketua TP PKK Kota Medan.

Selain itu dalam kesempatan ini Pjs Ketua TP PKK Kota Medan juga menekankan kepada semua kader bahwa saat ini kota Medan sedang dilanda pandemi Covid 19.

Dimana untuk mencegah penularanya  perlu menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasan baru (AKB) diantaranya mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Atas ketiga indikator tadi maka kita juga akan melakukan gebrak masker kepada seluruh kader PKK dengan cara membagikan masker, saya berharap pembagian masker ini menjadi motivasi kita semua dalam menggunakan masker bila keluar rumah,” harap Pjs Ketua TP PKK Kota Medan.

Disamping itu, Dian juga memberikan apresiasi kepada Camat Medan Selayang beserta jajarannya atas prestasi menekan angka penyebaran Covid 19 di wilayahnya, yang awalnya menjadi kecamatan nomor 1 menjadi nomor 6 dalam penyebaran Covid 19.

“Semoga kedepannya, kecamatan Medan Selayang dapat terus menekan angka Covid 19 sehingga menjadi kecamatan zona hijau ke depannya. Ini juga terkait dengan penerapan PHBS bagi masyarakatnya, karenanya mari kita tingkatkan lagi memberikan penyuluhan serta pemahaman kepada masyarakat,” pesan Pjs Ketua TP PKK Kota Medan.

Sebelumnya Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis mengatakan kunjungan ini menjadi suatu kebanggan dan tentunya menambah semangat dalam berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Sutan Tolang Lubis juga mengapresiasi dengan adanya sosialisasi PHBS dan LBS ini apalagi di tengah pandemi Covid 19 yang tengah melanda kota Medan saat ini.

“Kondisi Covid 19 mengajarkan kita untuk benar-benar menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena itu sosialisasi ini patut kita apresiasi,” kata Sutan.

Lebih lanjut, Sutan Tolang Lubis juga menjelaskan bahwa dalam satu bulan terakhir, trend penularan covid-19 di Medan Selayang mengalami penurunan. Namun begitupun Sutan mengingatkan agar seluruh kader PKK tetap waspada dan jangan lalai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Yang tertular di Medan Selayang tidak sepenuhnya masyarakat Medan Selayang, tetapi banyak dari tempat pengungsian IOM yang ditempatkan di Medan Selayang, meskipun begitu kita harus tetap waspada dan jangan pernah lalai dalam menerapkan protokol kesehatan sebab semuanya bisa terkena”, pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Khairunisa, SE,. MM disambut langsung oleh Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis,S.STP.MSP beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Irina Sutan Tolang Lubis beserta pengurus lainya.( SB/RF )