Sekarang Makan Seadanya, Absah Minta Bobby Nasution Perhatikan Lansia

sentralberita|Medan ~ Absah terdiam tak mampu berkata-kata. Perempuan 65 tahun ini berdiri kaku menanti kehadiran Bobby Nasution di kediamannya, Jalan Bilal Ujung, Gang Mentok, Medan Timur, Minggu (22/11/2020).

Di depan rumahnya yang sederhana, Absah berbincang dan menyampaikan keluhannya kepada menantu Presiden Jokowi ini. Dengan suara pelan, Absah menyampaikan keinginan mendapatkan perhatian pemerintah. Lantaran hingga usia senjanya, belum pernah dia tersentuh bantuan. Apalagi sejak anak satu-satunya yang menjadi tulang punggung harus kehilangan pekerjaan dampak pandemi Covid-19.

“Anak saya di rumahkan. Sekarang kami sangat kekurangan, makan seadanya. Kadang dapat bantuan dari tetangga. Saya pun sekarang sedang sakit lambung dan kini tangan selalu gemetar,” ucapnya kepada calon Wali Kota Medan nomor urut 2 ini.

Absah juga mengaku sekarang ini terlalu takut berobat ke rumah sakit. Lantaran kabar yang didengarnya, banyak pasien yang sebenarnya hanya sakit biasa, dirujuk sebagai pasien Covid-19 di rumah sakit.

“Saya takut ke rumah sakit, takut dibilabg Covid-19. Jadi di rumah saja,” ucapnya.

Kepada Bobby Nasution, Absah juga memohon agar saat terpilih nanti bisa memperhatikan lansia seperti dirinya. “Perhatikan lansia, karena kami sudah tidak mampu lagi mencari penghasilan,” ungkap dia.

Sebelumnya, Bobby Nasution menuturkan sekarang ini, emang ada program bantuan untuk lansia dari pemerintah pusat, tapi usia 70 ke atas. Aturan dibuat lantaran umur rata-rata rakyat Indonesia 70 tahun, sudah tidak bisa lagi mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Namun, sebelum lansia berusia 70 tahun dan mendapatkan bantuan dari pusat, harus ada program untuk lansia dari pemko Medan,” ungkapnya.

Karena itu, sambung Bobby, bersama pendamping Aulia Rachman, mereka ingin sekali membuat program berkolaborasi dengan kader posyandu dan yayasan terkait yang sudah fokus mengurusi lansia, sehingga program tepat guna dan tepat sasaran. (SB/01)