Sambangi Pelaku UMKM di Marelan, Aulia Rachman Ajak Warga ke TPS 9 Desember

sentralberita|Medan~Calon Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, menyambangi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) keripik singkong, yang berada di gang Nangka, lingkungan 6, kelurahan Terjun, Medan Marelan, Rabu (25/11/2020).

Pendamping Bobby Nasution ini, melihat langsung proses pembuatan keripik singkong, di salah satu industri rumahan di kawasan itu.

Mila (40), warga kelurahan Terjun, Marelan, adalah pemilik usaha kecil itu. Dia dibantu oleh 3 orang pekerjanya, yang merupakan warga sekitar. Usaha keripik singkong diakui Mila, telah ia rintis sejak 10 tahun lalu.

“Jorok tangan kami bekas keripik pak, tapi inilah sumber penghasilan kami,” ucap Mila kepada Aulia Rachman.

Dikatakan Mila, proses pembuatan keripik masih dengan alat seadanya dan menggunakan api lilin . Keripik yang sudah dikemas, selanjutnya dipasarkan ke sejumlah kios dan grosir di Medan dan sekitarnya. Dalam sehari, mereka mampu memperoleh penghasilan hingga mencapai Rp 300.000.

Pelaku usaha itu mengeluhkan minimnya perhatian yang diberikan pemerintah kota terhadap para industri kecil. Baik berupa bantuan dana maupun fasilitas pendukung lainnya.

“Selama ini tak pernah kami mendapatkan bantuan dari pemerintah kota pak,” keluh Mila kepada Aulia.

Melihat proses pembuatan keripik yang masih menggunakan cara manual itu, Calon Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, berjanji akan membantu tersedianya alat untuk pelaku UMKM di kawasan tersebut.

“Proses pembuatannya masih sangat manual, seharusnya sudah ada alatnya. Ke depan, kami (Bobby-Aulia) akan bantu, tetap semangat ya buk,” uajr Aulia Rachman, pendamping Bobby Nasution.

Aulia menuturkan, dia bersama Bobby, juga ingin fokus dalam program pemberdayaan UMKM baik berupa modal, pelatihan, peralatan, pengepakan serta proses penjualannya.

“Saya doakan kita semua sehat-sehat, agar bisa datang ke TPS dan coblos no 2, supaya apa yang menjadi harapan warga terwujud,” tandas Aulia.(SB/01)