Peringati HKN ke-56 Tahun, Ini Tekad Bobby-Aulia untuk Kesehatan Warga Medan

sentralberita|Medan~Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-56 tahun, pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman bertekad mengubah pelayanan kesehatan lebih efektif di kota Medan, sesuai program dan visi misi Paslon nomor urut 2 tersebut.

Tekad tersebut muncul didasari banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang belum maksimal diberikan oleh pemerintah kota. Khususnya, bagi warga dari kalangan menengah ke bawah.

Masalah kesehatan menjadi perhatian dan skala prioritas pasangan Bobby-Aulia, jika kelak keduanya diberi kepercayaan memimpin kota Medan.

“Perhatian untuk kesehatan menjadi skala prioritas . Kita akan tingkatkan pelayanan kesehatan mulai dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), yang saat ini kurang efektif tingkat pelayanannya,” ujar Aulia Rachman di Medan, Kamis (12/11/2020).

Aulia bilang, solusi untuk mendapatkan pelayanan maksimal, butuh peran pemerintah kota melalui dinas dan instansi terkait, dalam mendata pasien dan melakukan rekam medis, terutama untuk pelayanan pasien di puskesmas dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Rekam medis ini sangat penting, karena memang kita bisa tahu dan dapat ditelusuri. Apalagi masa pandemi Covid-19 ini, dimana warga rentan terkena penyakit,” tegas Aulia pendamping Bobby Nasution.

Selain program BPJS Kesehatan gratis, ungkap Aulia, program kesehatan lain yang dihadapi adalah masalah stunting atau gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi yang menyebabkan anak terlalu pendek untuk usianya.

Hal ini terbukti dari pengalaman Aulia, saat menemui seorang anak berusia 4 bulan terkena stunting beberapa waktu lalu, saat dirinya masih menjabat sebagai Ketua Komisi 2 DPRD Medan.

“Terus terang, saya pernah menemui langsung, ada anak yang mengalami stunting di Medan Deli. Alhmdulillah bisa ditangani dan sudah sehat. Ke depan ini akan menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama,” pungkas Mantan Ketua Komisi 2 DPRD Medan.

Selain penyedian sarana dan prasarana kesehatan, pasangan Bobby-Aulia, juga akan meningkatkan akses warga terhadap makanan bergizi dan mendorong ketahanan pangan, serta mengajak masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.(SB/01)