Kabar Gembira, Jemaah Umroh Asal Sumut Rencana Berangkat 23 November 2020

sentralberita|Medan~Ini kabar gembira bagi calon jemaah umroh asal Sumatera Utara dengan telah dibukanya perjalanan umroh ke tanah suci dan jemaah Indonesia sudah dua kloter berada disana,dijadwalkan tanggal 23 Nopember 2020,akan ada kebera gkatan pesawat Saudi Arabia dari Bandara Kuala Namu menuju Jeddah.

Menurut ketua Forum Komunikasi perjalanan ibadah umroh dan penyelenggara ibadah haji khusus Sumatera Utara Haji Bapak safrizal Nasution Arab Saudi telah memberi izin menerima jemaah umroh dari luar Arab termasuk asal Indonesia namun jemaah umroh asal Sumatera Utara di jadwalkan baru akan diberangkatkan pada tanggal 23 November 2020 melalui Bandara Kualanamu Deli Serdang Sumut

Bun sution dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela acara dialog interaktif membahas perjalanan umroh di masa new normal covid 19 di Medan hari Kamis yang menyampaikan, bahwa pihaknya belum mendapatkan data pasti berapa jemaah umroh asal Sumut yang akan berangkat umroh pada tanggal 23 November mendatang。

Disebutkan Nasution sampai saat ini antrian jemaah umroh asal Sumut umumnya adalah berusia diatas 50 tahun dan ini merupakan kendala bagi para calon jemaah umroh Indonesia, karena pemerintah Arab Saudi berlakukan persyaratan yang cukup ketat di antaranya adalah harus berusia 18 hingga 50 tahun.

Artinya ,dari data yang ada pada kami yang umumnya yang mendaftar untuk umroh berusia diatas usia 50 tahun ada 70% dari jumlah yang ada,tambahnya.

Kendala kedua ketemu efisien selain pembatasan usia juga ada syarat baru yakni calon jemaah umroh sebelum berangkat harus dikarantina harus menjalani tes Swab begitu juga saat tiba di Jeddah dan saat kembali.ke tanah air,ugkap H Bob Syafrizal nasution.

Sementara itu Direktur Bina umrah dan haji khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI ,H Muhammad Arfi Hatim menyambut baik tentang Bandara Kuala Namu akan memberangkatkan jemaah umroh dari Sumatera Utara pada tanggal 23 November mendatang , dengan ketentuan harus mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang dikoordinasi dengan Kanwil Kemenag Sumut, dan juga pihak otoritas Bandara Kualanamu Angkasa Pura Imigrasi KKP, Polres Deli Serdang, dan seluruh pemangku kepentingan di bandara Kualanamu ,yakni harus dipersiapkan sematang mungkin ,agar nantinya perjalanan jemaah umroh Sumut bisa terlaksana dengan baik,

Menyinggung tentang sudah diberangkatkannya 2 kloter jemaah umroh dari Jakarta ,dikatakan oleh Arfi Hatim, kondisi jemaah di sana cukup baik dan tetap diberlakukan bukan protokol kesehatan yang ketat oleh pihak otoritas Saudi Arabia .

Hingga ini dikatakan terdaftar 59.000 lebih jemaah umroh Indonesia yang sudah siap untuk berangkat sesuai dengan daftar sejak 27 Februari lalu namun akibat adanya Covid 19 peraturan dari Kerajaan Arab Saudi maka diharapkan calon jemaah umroh mematuhi protokol kesehatan covid-19 yakni batasan usia di masa Pandemi yakni hanya boleh berusia 18 hingga 50 tahun.
Mari kita doakan bersama ,semoga covid-19 ini bisa segera berakhir, sehingga nantinya perjalanan umroh dan haji akan berlangsung dengan normal seperti biasa,pinta,Arfi Hatim.

Turut hadir dalam acara dialog interaktif membahas pelaksanaan ibadah umroh di masa new normal tersebut ,Kepala Kanwil Kemenag Sumut,Drs. H.Syahrul Wirda dan kepala seksi umroh dan haji khusus Kemenag Sumut Drs.H, Syafarudin Lubis ,Kepala seksi Haji Kantor Kemenag Kota Medan, H.Eri Nofa SE,Kepala,UPTAsrama.

Haji Medan,H.Ramlan Sudarto.SH,AKBP Budiman SH dari Polda,Sumut dan para pemilik perusahaan.penyelenggara ibadah umroh dan haji se-Sumut.(SB/DN)