Didaulat Narasumber Diskusi Tantangan UMKM di Era Digital, Bobby Nasution Bawa Harapan Besar

sentralberita|Medan~Bobby Nasution didaulat menjadi narasumber diskusi terbuka terkait UMKM dan tantangan di era digitalisasi. Giat itu digelar di CBD Polonia Minggu (22/11/2020).

Pada kesempatan itu Bobby Nasution juga meresmikan mobil Kolabin.id, sebuah wadah digital untuk mengembangkan UMKM di Kota Medan.

Agus Setiawan Ketua Gerakan Milenial Medan Hebat (Gammat) sampaikan besarnya suara milenial yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Kota Medan.

“Hadirnya milenial Bobby Nasution punya aura perubahan. Medan bisa jadi metropolitan dambaan. Kami yakin pada Bobby-Aulia sebagai sosok yang membawa harapan untuk masyarakat Medan,” kata Agus.

Kata Agus sebanyak 163 UMKM baru sudah ditambahkan ke Kolabin.id, wadah untuk pengembangan UMKM yang digawe oleh Bobby Nasution. Setelah diresmikan akan jalan lagi untuk mendaftarkan dan membina UMKM.

“Kami akan terus bergerak untuk membantu perjuangan Medan yang lebih baik,” tambah Agus.

Anggota DPRD Medan Robi Barus yang hadir pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa giat ini layak diapresiasi. “Ini sesuai visi-misi calon kita untuk membina, membesarkan UMKM di Kota Medan. Ini harus didukung, dan pelaku UMKM juga pengurusnya kita dengarkan wejangan soal UMKM ini langsung dari ahlinya Bobby Nasution,” kata Robi Barus.

Bobby Nasution dalam diskusi terbuka itu turut memuji kiprah Gammat dalam membina dan membantu UMKM.

Terkait UMKM, Bobby jelaskan program Sakansanwira, yakni satu kelurahan satu wirausaha. Kelak akan ada satu sentra usaha yang jadi andalan di tiap kelurahan.

Bobby bercerita dulunya awal buka usaha properti pada 2014 berpikir bahwa jika tidak ada saingan maka akan mudah. Ternyata tidak, bangun perumahan tanpa saingan di sekitarnya malah susah lakunya.

Ketika merek membangun properti di tempat yang sudah ada usaha sama, malah jadi lebih laku.

“Bisnis ini butuh ekosistem, butuh atmosfer. Kita ubah mindset bahwa saingan itu masalah, malah itu bagus untuk sentralisasi. Kelak akan terbentuk brand image di tiap kelurahan dengan satu wirausaha andalan di sana. Kelompok usaha itu sangat penting,” terang Bobby Nasution.

Jika sentra usaha telah terbentuk, Bobby Nasution bilang akan memberikan bantuan. Alat usaha yang mahal akan diberikan gratis. Bahkan modal usaha juga akan diberikan.

“Pembimbingan usaha juga akan kita berikan. Arahnya agar pengusaha melek digital, usaha harus berkembang luas,” kata Menantu Presiden Jokowi itu.

Di Medan Bobby Nasution akan dukung inovasi anak-anak muda yang mau buka usaha. Setelah diberi pelatihan, Bobby Nasution juga menjamin akan memberikan wadah atau tempat bagi mereka untuk usaha.

“Kita restart setelah pandemi ini. Pengusaha besar, kecil semua putar otak agar bertahan dan berhasil maju. Kami mohon dukungan semua pihak untuk ikut membenahi Kota Medan bersama kami Bobby-Aulia,” kata Bobby.

Di akhir diskusi, Bobby Nasution meninjau mobil Kolabin.id. Mobil ini akan bergerak menemui masyarakat yang mau buka usaha dibantu berkembang dengan website dan aplikasi Kolabin.id.

Bobby juga tampak melihat-lihat deretan stand UMKM yang hadir pada acara itu. Bobby Nasution dan tim juga mencicipi produk yang dipamerkan oleh para pelaku UMKM.(SB/01)