Dalam Apel Khusus, Danlanud Soewondo Sampaikan 4 Poin Penting

sentralberita|Medan~Komandan Lanud Soewondo Kolonel PNB JH. Ginting, S.Sos mengambil apel khusus seluruh anggota Lanud Soewondo di Shelter Charlie Pukul 16.00 WIB, Jum’at (13/11/2020).

Apel khusus sengaja diambil Danlanud untuk memberikan arahan kepada seluruh anggota sekaligus menyampaikan perintah dan arahan dari Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) terkait perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi.

Terdapat empat poin penting yang disampaikan Danlanud pada apel khusus sore hari itu. Penekanan pertama tentang perkembangan situasi dan kondisi covid-19.

Perintah Presiden RI yang disampaikan kepada Kasau untuk memberitakan hal-hal yang baik tentang perkembangan covid-19.

“Banyak informasi perkembangan covid-19 yang semakin membaik namun media tidak mempublikasikan berita tersebut. Harapan kami informasi yang baik tentang perkembangan covid-19 dapat di publikasikan sehingga masyarakat dapat mengetahui secara benar.

Masyarakat hanya mengetahui tentang pertumbuhan jumlah pasien covid-19 dan jumlah kematian akibat covid-19 tetapi kurang informasi tentang pasien yang berhasil sembuh dari covid-19”, terang Danlanud.

Penekanan Kedua dari Danlanud tentang penggunaan media sosial. Perintah Kasau dalam giat vidcon kepada komandan satuan yang ada di TNI AU untuk memberikan edukasi kepada seluruh anggota agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

“TNI adalah bagian dari Pemerintah. Segala bentuk kebijakan pemerintah, TNI harus mendukungnya. Sebagai insan prajurit kita tidak diperbolehkan melawan kebijakan pemerintah, apalagi mempublikasikan ke media sosial.

Lebih baik segala bentuk keluh kesah, kita sampaikan kepada pasangan atau istri, tanpa perlu mempublikasikan ke media sosial. Hal tersebut juga berlaku kepada istri prajurut”, ujar Danlanud.

“Sampaikan kepada pasangan kita untuk bijak dalam menggunakan medsos. Hal-hal yang tidak sesuai atau tidak pantas untuk di publish jangan dipublish. Cukup diri kita, pasangan kita dan tuhan saja yang tau ”, imbuh Danlanud.

Penekanan Ketiga Danlanud adalah tentang Politik. Politik TNI adalah Politik Negara. Segala bentuk kebijakan Negara atau pemerintah TNI harus mendukungnya. Tidak diperbolehkan TNI untuk ikut serta dalam kegiatan politik baik politik aktif maupun pasif. “Aturan sudah jelas, Politik TNI adalah Politik Negara”, jelas Danlanud.

Penekanan Keempat Danlanud kepada anggota pada apel khusus adalah Peduli. Seluruh Perwira wajib peduli dengan anggota dan lingkungan sekitarnya. Selalu check and recheck kepada anggotanya.

Kenali satu persatu secara detail anggota dan juga keluarganya. Segera laporkan jika terdapat permasalahan. Diakhir apel khusus Danlanud berpesan agar selalu menjaga daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga serta tularkan hal-hal baik dan positif kepada sesama(SB/01).