Bobby Nasution Temui Pelaku UMKM di Medan Tembung, Tawarkan Modal Hingga Tempat Usaha

sentralberita|Medan~ Bobby Nasution menemui pelaku UMKM di kawasan Medan Tembung di Jalan Bersama Minggu (22/11/2020).

Muhammad Nasir, Ketua Gelora Kota Medan yang tampak hadir pada kesempatan itu bilang program Bobby Nasution sangat realistis dan mengena ke masyarakat.

“Bantuan UMKM termasuk di antara program yang bagus menyasar masyarakat di lapisan paling bawah. Dan itu kebutuhan dasar masyarakat di bidang ekonomi. Kesehatan juga diperhatikan dengan BPJS gratis, beasiswa untuk peserta didik. Semua itu bisa direalisasikan,” kata Muhammad Nasir.

Bertempat di rumah Chaidir Dongoran yang juga pelalu UMKM, Bobby Nasution menemui masyarakat. Di antara mereka punya usaha kecil dan sangat berharap dengan Bobby Nasution untuk memperhatikan nasib mereka.

Kepada hadirin, Bobby Nasution bilang bahwa yang terpenting adalah bukan hanya visi-misi. Namun yang terpenting adalah menjalankan seluruh program yang sudah dicanangkan.

“Kita bikin program yang bisa diterapkan saja, gak usah yang gak masuk akal kita. Mencegah banjir ya pakai teknis yang sudah ada, bukan malah mau bikin taman langit, mau naikkan tanah ke gedung-gedung. Kita asal ada kemauan pasti bisa dengan kolaborasi dengan semua pihak,” terang Bobby.

Terkait UMKM, Bobby Nasution memberikan harapan agar pelaku usaha bisa bertahan dan berkembang. Yang sudah jalan dari pemerintah pusat berupa bantuan dana Rp2,4 juta. Namun gagal disalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

“Datanya tidak lengkap. Harusnya jatah bantuan hingga 500 ribuan pelaku usaha. Tapi karena data tak jelas, penyaluran tak tepat sasaran,” kata Bobby.

Pada kesempatan itu, Bobby juga mengajak pelaku UMKM untuk melek digital. Maka itu Bobby menawarkan kepada masyarakat untuk bergabung di Kolabin.id, sebuah website dan aplikasi untuk pendataan pelaku UMKM.

Setelah terdata dengan akurat lewat aplikasi itu, Bobby Nasution berjanji akan memberikan bantuan alat usaha, bantuan modal usaha, pendampingan usaha hingga jaminan market place.

“Kita kelompokkan usahanya, di tiap kelurahan minimal ada satu kelompok usaha. Nah kelompok ini akan dapat bantuan dari pemerintah kelak jika saya diberi kepercayaan,” terang Bobby.

Tak hanya bantu alat usaha, modal usaha, pendampingan hingga jamin pasar penjualan hasil produksi, Bobby Nasution juga akan memberikan tempat usaha.

“Tempat usaha akan jadi tujuan utama kita agar pelaku UMKM bisa berjualan dengan tenang. Mungkin bisa di kota, di kelurahan, intinya akan ada sentra usaha kecil menengah di tiap kelurahan. Misal di kelurahan Bantan ini sentra usaha makanan, di kelurahan lain sentra kerajinan.

Insya Allah kita semua bisa wujudkan itu dengan doa restu ibu-ibu semua,” harap Menantu Presiden Jokowi itu.

Selain prioritaskan UMKM, Bobby Nasution juga sampaikan akan memberi beasiswa kepada masyarakat.

“Ada 1.000 beasiswa yang akan kita berikan, sudah kami hitung anggaran untuk itu Insya Allah cukup. Siapa saja anak-anak kita berprestasi bisa kita lanjutkan studinya hingga luar negeri. Yang tidak mampu juga kita beri beasiswa,” terang Bobby.

Pada kesempatan itu Bobby Nasution juga unjuk kebolehan mengaduk bahan pembuatan frozen food sebagai salah satu produk usaha UMKM setempat. Bobby juga tampak membeli produk usaha UMKM.(SB/01)