Bobby Nasution Harapan Baru Pelaku UMKM

sentralberita|Medan~Bobby Nasution bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM di Jalan Starban Medan Polonia, Senin (9/11/2020).

“Bobby Nasution harapan pelaku UMKM, karena perhatian Bobby Nasution selama ini dengan programnya. Maka itu kami putuskan untuk mendukung Bobby Nasution,” kata Amarsyah warga setempat.

Kata Amarsyah yang juga relawan pendukung Bobby, Kecamatan Medan Polonia akan menangkan Bobby Nasution hingga 80 persen.

“Kita butuh orang muda yang berani buat perubahan,” kata Amarsyah.

Ketua Relawan Bonus Kota Medan, Axel Sembaya menjelaskan bahwa pada kesempatan ini untuk memfokuskan pada program UMKM. Di Medan, banyak pelaku UMKM yang dikumpulkan pada kesempatan tersebut.

“Ini akan jadi pilot project yang mungkin bermanfaat untuk program Bobby Nasution di bidang UMKM,” kata Exel.

Memang pada pertemuan itu, tampak stand UMKM yang kemudian dilirik oleh Bobby Nasution.

Deviden, pelaku usaha rempah-rempah berharap ada lahan di Kota Medan atau taman kota bisa dimanfaatkan untuk ditanam rempah, seperti pala, cengkeh dan lainnya.

“Selama ini kalau ada warga tanam rempah di halaman rumah, kita beli. Kalau bisa di Medan saya lihat ada lahan yang bisa dimanfaatkan. Saya harap Pemko Medan kelak memperhatikan hal itu, dan seluruh UMKM yang lain,” kata Deviden.

Bobby menyambut baik usulan Deviden. Ke depan Bobby akan buat riset yang melakukan penelitian dan pendataan akurat. Utamanya untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi.

“Semua harus jelas dari data dan fakta. Dalam setiap kondisi, pelaku UMKM harus bertahan. Maka perlu riset, dalam kondisi pandemi misalnya, apa yang tetap bisa bertahan, itu yang akan difokuskan,” kata Bobby.

Untuk stimulus pelaku UMKM agar bertahan dan inovatif, Bobby menjanjikan bantuan modal usaha. Terlebih jika pelaku UMKM kompak dalam satu sentra usaha di setiap kelurahan.

“Tentukan apa yang mau jadi usaha masyarakat di satu kelurahan. Mari kita ciptakan industri usaha, nanti pemerintah akan memberi bantuan, mulai dari permodalan, pendampingan digital, hingga menjamin market,” lanjut Menantu Presiden Joko Widodo itu.

Bobby Nasution juga bilang akan manfaatkan lahan tidur yang ada di Kota Medan. “Saya belajar dari kota-kota lain. Mereka bisa manfaatkan lahan tidur dengan pertanian, hidroponik. Masyarakat akan kita minta bertanam, hasilnya kita beli,” lanjut Bobby.

Usai berdialog dengan pelaku UMKM dan relawan, Bobby tampak memberikan sertifikat kepada pelaku usaha yang hadir.

Bobby Nasution juga mengunjungi stand UMKM dan membeli beberapa produk mereka. Di antaranya es doger, makanan ringan, bonsai kering, kerajinan tangan, hingga rempah-rempah.(SB/01)