50 Rumah, 1 Rumah Ibadah Tergenang Air di Asahan

sentralberita-Kisaran~Intensitas hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Asahan dan wilayah hulunya,  berdampak naik dan meluapnya debit air Sungai Asahan. 

Kondisi tersebut mengakibatkan tergenangnya 50 rumah milik warga serta satu unit rumah ibadah yang berbantaran langsung dengan bibir sungai Asahan di wilayah Dusun  XIV  Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat sejak Selasa,(24/11/2020) dengan ketinggian air  rata-rata 60-100 cm diatas permukaan tanah dan sekitar 30 cm-50 cm didalam rumah penduduk.

Sesusai laporan terkini Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah hingga pukul 21.30 Wib malam, kondisi genangan terpantau relative bertambah, diperkirakan akan terus naik jika debit air sungai Asahan terus bertambah.

“Saat ini petugas kami telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak dan kerusakan sarana prasarana yang ada serta melakukan koordinasi dengan perangkat Desa, pihak Forkopimcam dan warga masyarakat setempat untuk posko siaga bencana.” ujar Kepala Dinas BPBD Kabupaten Asahan, Asrul Wahid kepada sentralberita.com saat dihubungi via Celuller,Rabu (25/11/2020).

Masih mrnurut Asrul,pihaknya juga sudah mendirikan tenda pengungsian dan menghimbau warga yang masih bertahan di rumah agar bergeser ke tenda jika ketinggian air terus bertambah serta tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi atas situasi yang berkembang saat ini.(SB/ZA).