5 Pemain Tua yang Tampil Menggila Musim Ini

sentralberita ~ sepak bola bukan profesi yang bisa dijalani seumur hidup. Para pemain dihadapkan pada keputusan berat saat sudah terlalu tua, yaitu pensiun dari olahraga yang dicintainya. Sebab, prestasi seorang pemain cenderung menurun saat umur bertambah.

Namun,bagi sebagian pemain, umur hanyalah angka. Ada pemain yang mampu mempertahankan level performanya dan berprestasi meski sudah tidak muda lagi. Berikut lima pemain tua yang tampil menggila pada musim 2020-2021.

  1. Franc Ribery (37 Tahun)

Frank Ribery sudah berumur 37 tahun, tetapi ia masih bermain Liga Italia bersama Fiorentina. Sejak bergabung pada musim lalu, Ribery tampil cukup apik untuk Fiorentina dengan menorehkan tiga gol dan lima assist dalam 27 pertandingan.

Ribery selalu menjadi andalan Fiorentina dalam setiap pertandingan. Pemain asal Prancis itu mungkin sudah tidak secepat atau selincah dulu, tetapi keberadaannya di atas lapangan membuat Fiorentina lebih percaya diri.

2. Thiago Silva (36 Tahun)

Pemain anyar Chelsea, Thiago Silva, sudah berumur 36 tahun, tetapi ia tetap menjadi andalan di jantung pertahanan. Pengalaman Silva yang pernah membela klub-klub besar Eropa, meningkatkan kualitas pertahanan Chelsea pada musim ini.

Meski masih beradaptasi dengan kecepatan Liga Inggris, Silva perlahan-lahan mulai menunjukkan kemampuan sejatinya. Pelatih Chelsea, Frank Lampard, bahkan mempercayakan satu tempat utama di jantung pertahanan kepada Silva.


3. Fernandinho (35 Tahun)

Waktu bermain Fernandinho pada musim ini telah berkurang cukup jauh ketimbang musim-musim sebelumnya. Akan tetapi, tenaga Fernandinho tetap dibutuhkan Manchester City-nya Josep Guardiola.

Fernandinho bahkan menjabat kapten Man City pada musim ini. Setiap kali mendapatkan kepercayaan dari Guardiola, Fernandinho selalu tampil bagus untuk Man City.

4. Cristiano Ronaldo (35 Tahun)

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah dunia sepakbola. Kemampuan Ronaldo masih di atas rata-rata meski sudah berumur 34 tahun. Ronaldo menjadi ujung tombak utama Juventus pada musim ini dengan torehan lima gol dalam tiga pertandingan.

Teranyar, Ronaldo mencetak dua gol saat Juventus menang telak 4-1 atas Spezia. Ronaldo bisa mencetak dua gol meski hanya bermain selama 34 menit. Penampilan Ronaldo dalam pertandingan itu sunggu luar biasa karena dirinya baru sembuh dari Covid-19.

5. Zlatan Ibrahimovic (39 Tahun)

Zlatan Ibrahimovic sudah berumur 39 tahun, tetapi ia tetap menjadi andalan AC Milan. Ibrahimovic yang datang pada pertengahan musim lalu, menjadi salah satu kunci penampilan apik Milan hingga sekarang.

Pemain asal Swedia itu bahkan menjadi top skor sementara Liga Italia musim ini dengan torehan tujuh gol. Gol teranyar Ibrahimovic tercipta saat Milan menang dramatis 2-1 atas Udinese. Sebiji Gol Ibrahimovic jadi penentu kemenangan Milan. Kemenangan itu membuat Milan bertengger di puncak klasemen sementara.