Sosper Edi Saputra: Pemko Medan Harus Serius Tuntaskan Adminduk Warga

sentralberita|Medan~Pemerintah Kota Medan diminta serius dalam menyelesaikan persoalan Adminduk Warga Kota Medan, karena sampai hari ini masih ada warga yang belum punya identitas sama sekali.

“Pihak Kepling, lurah, Camat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harusah meresponnya dengan cepat agar masyarakat kota Medan tidak ada yang tidak memiliki identitas lagi,” ujar anggota DPRD Medan, Edi Saputra,ST dihadapan 200 orang orang berhadir.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PAN ini saat melaksanakan Sosialisasi Perda No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMDUK) dan Akta Catatan Sipil, di Kelurahan Tegal Sari Mandala III Kecamatan Medan Denai (Minggu, 11/10/2020).

Edi Saputra selanjutnya mengatakan, bahwa apabila ada warga kota Medan, yang memang bermukim dan lama tinggal di Kota Medan melapor ingin mngurus identitasnya seharusnya pihak kepling, lurah dan Camat serta disdukcapil segera merespon agar tidak ada lagi warga yang tidak punya identitas.

“Semua warga harus punya identitas, baik Akta Lahir, KK, KTP dan termasuk kartu KIS/ BPJS Kesehatan,”kata anggota DPRD Medan yang saat ini di Komisi I DPRD Medan.

Edi mengungkapkan, identitas warga sangat penting fungsinya untuk dipergunakan misalnya seorang warga sakit mau berobat, mau sekolah, atau untuk melamar pekerjaan, semua harus memakai identitas, karenanya adminduk merupakan keharusan dimiliki warga.

Hal lain misanya, bagi warga kurang mampu, dengan identitas lengkap ini tentunya ini syarat untuk mendapatkan program bantuan pemerintah seperti sembako, PKH, KIP, KIS dan lain sebagainya.

“Jadi bagi warga masyarakat khususnya Dapil IV kalau ada warga yang belum punya identitas segera melapor kepada Kepling, Lurah Camat, Disdukcapil atau bisa juga datang kepadanya.

Edi juga menyampaikan kepada masyarakat, bahwa dirumahnya sudah 7 Tahun telah melayani dan membantu masyarakat dalam hal pembuatan Adminduk tersebut.

“Jadi datang saja kerumah peduli Edi Saputra di jalan Mandala By Pass No. 90, disana posko saya buka dari jam 09.00 pagi s/d jam 09.00 malam yang berhubungan dengan proses Adminduk kita bantu dengan gratis,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini seorang warga mengungkapkan, masih ada oknum kepling dan kelurahan yang masih bermain main dengan adminduk, masih ada yang pasang tarif, namun sampai sekarang yang diurus masyarakat itu belum selesai juga” ujar seorang warga.

Edi Saputra, ST spontan menjawab dengan meminta kepada pihak Kepling, kelurahan dan kecamatan maupun Disdukcapil untuk lebih membantu dan melayani masyarakat karena hal tersebut merupakan tugas dan kewajiban mereka.Namun Edi juga berpesan agar masyarakat teruslah mengurus dan melengkapi identitas diri guna keperluan sewaktu waktu.

Acara Sosialisasi Perda ini juga dirangkai dengan penyerahan Akta, KTP, dan KK sebanyak 200 orang peserta.

Disamping itu Edi juga memberikan paket sembako dan bingkisan yang diserahkannya kepada masyarakat Dapil IV yakni Medan Amplas, Medan Area, Medan Kota dan Medan Denai.

Diakhir Sosper, Edi Saputra memberikan bingkisan dan cendramata berupa Sembako dan perlengkapan sekolah untuk masyarakat dapilnya tersebut (SB/01).