Penyelenggara di TPS akan Gunakan HP Sistim Androit E-Rekap

sentralberita|Medan~Komisi Pemilihan Umum Kota Medan menggelar kegiatan Uji Coba Sirekap di TPS dalam Pilkada Medan 2020 yang di kantor KPU kota Medan, Sabtu (24/10 ).Kegiatan ini diikuti seluruh PPK peserta Pilkada Kota Medan 2020.

“Ini baru uji coba , KPU masih menunggu PKPU-nya yang akan diterbitkan KPU RI dan ini merupakan persiapan saja,” ujar Komisioner Divisi Teknis M Rinaldi Khair kepada wartawan, Minggu(25/10/2020).

Sebelumnya, Ketua KPU kota Medan Agussyah Ramadhan Damanik mengatakan KPU sedang melakukan persiapan bimtek e-rekap suarat suara hasil pilkada dan simulasi perhitungan surat suara dan disosialiasasikan pada jajaran PPK.

Oleh karena itu, KPU bersiap-siap dan ini merupakan kebijakan nasional kemungkinan akan diterapkan pada pilkada bagi daerah yang telah siap .

Simulasi ini akan menjadi bahan evaluasi yang akhirnya akan memberikan masukan apa saja yang manjadi kekurangan dan kelebihannya
Di mana pertama E – Rekap ini berbasi IT kedua sistim ini akan

menyederhanakan perhitungan suara dengan cara kerja plano C akan difoto dan dikros cek bersama dengan petugas KPPS serta saksi paslon setelah itu dikirim ke server .

“Banyak kegunaannya dan ini akan memutus tahapan yng panjang serta menghemat waktu,” ujar Agussyah.

Agussyah menambahkan, sistim E-Rekap ini tetap melaksanakan pleno di setiap tingkatan baik itu PPK.

“Bagi penyelenggara di TPS nantinya akan mengunakan hp sistim androit dalam pelaksanaan E- Rekap,” paparnya.

Tidak sampai di sini saja, KPU Kota Medan akan terus-menerus melakukan bimtek sampai tingkat PPS sehingga petugas penyelenggara benar- benar dapat menguasai pengguna Sirekap ini yang berbasis IT.


“Ini merupakan persiapan awal saja,” pungkas Agussyah optimis.
Sementara itu dalam pelaksanaan simulasi e-rekap yang digelar ini, KPU Kota Medan telah menyiapkan dua TPS yaitu TPS 31 dan TPS 32 sebagai tempat simulasi E-Rekap. Di TPS terdapat petugas KPPS, saksi serta pengawas.

Simulasi ini dipimpin langsung anggota KPU Kota Medan Divisi Teknis M Rinaldi Khair dibantu staf KPU kota Medan dan disaksikan petugas PPK seluruh kota Medan.(SB/01)