Lapas dan Rutan di Sumut Jadi Klaster Baru Covid-19

sentralberita|Medan~Selain Tamin Sukardi, terdapat 38 narapidana lain yang terkonfirmasi Covid-19, 39 Napi tersebut akumulasi dari seluruh lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan).

Hal tersebut diungkapkan oleh Pujo Harinto selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan, diungkapkannya, terdapat 2 orang narapidana dari Rutan Labuhandeli, dan saat ini sedang di urus di Rumah Sakit Royal Prima.

“Untuk Labuhan Deli warga binaan 2 orang dan saat ini sedang menjalani perawatan di Royal Prima Medan,” ujarnya saat di wawancarai, Senin(26/10/2020) sore.

Sementara di Gunung Sitoli ini ada 9 orang yang positif Covid-19 dari hasil Swab terhadap 97 orang. Sementara masih ada 100 orang lagi yang belum di tes Swab.

“Hari ini saja hasil Swab dari 97 orang ada 9 yang terkonfirmasi positif Covid-19, mudah-mudahan kedepan tidak ada hasil positif. Tapi itu harapan kami dan akan dilanjutkan besok 100 orang tersebut,” katanya.

Lebih parah, Pujo menyatakan terdapat 27 orang narapidana Rutan Telukdalam, di Kabupaten Nias Selatan terkonfirmasi covid.

“Justru lebih parah di Rutan Telukdalam, warga binaan yang banyak kena (Covid-19) yakni 27 orang,” ujarnya.

Ungkapnya, hasil 27 itu dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2020, dari 130 orang yang ikut swab masal.

“Sejak tes Swab massal pada 3 Oktober 2020 terhadap satu lapas dengan 130 orang dan hasilnya 27 orang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelsnya.

Jelasnya, untuk saat ini, 27 orang narapidana yang positif itu, diisolasi sementara didalam Rutan.

“Untuk 27 orang warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 kami isolasi di dalam (Rutan),” ujarnya.

Ditanyakan mengapa dilakukan di Rutan, ia menyatakan bahwa takut apabila di rawat diluar Rutan, para Napi tersebut melarikan diri.

“Sebenarnya bukan keterbatasan rumah sakit tapi kekhawatiran kita dia kabur. Sehingga akan lebih aman diisolasi di dalam Lapas dan gugus tugas membantu dalam perawatan baik itu memberikan makanan, asupan nutrisi tambahan dan membantu kesehatannya,” jelasnya.(SB/FS)