Hand Sanitize dari Eucalyptus Resmi Diluncurkan Setelah TPL & IPTEK USU Jalin Kerjasama

sentralberita|Medan~Produk Hand Sanitizer berbahan minyak Eucalyptus resmi diluncurkan, Jum’at (9/10/2020).

Produk ini dihasilkan atas kerjasama dari pihak PT Toba Pulp Lestari (TPL) dengan Pusat Kajian Iptek Eucalyptus Universitas Sumatera Utara (USU).

Peneliti Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU Muhammad Taufik mengatakan, produk ini sangat alami dan sangat aman untuk digunakan. Sebab, seluruh bahannya diamblik dari proses ekstarksi bahan baku yang alami.

“Sangat aman untuk dipakai di tangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, penelitian mengenai Eucalyptus ini sudah mereka lakukan dalam waktu yang cukup lama. Total terdapat sekitar 17 senyawa yang bermanfaat terdapat dalam tanaman tersebut.

Salah satu yang sudah mereka manfaatkan yakni untuk pembuatan hand sanitizer yang diluncurkan tersebut. Salah satu kendala dalam memproduksi minyak ini menurutnya hanya ketersediaan bahan baku yakni Eucalyptus.

“Jadi sebenarnya riset untuk eucalyptus dari akar, batang, daun hingga gulma yang hidup di sekitar tanaman sedang dan akan kita produksi. Karena bahan baku yang kita butuhkan yakni Eucalyptol (1,8 cineole) yang

merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam daun eucalyptus selalu bisa disediakan PT Toba Pulp Lestari, karena tanaman ini merupakan sumber bahan baku utama produksi bubur kertas perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU Profesor Zul Alfian, di tahap awal ini mereka mampu memproduksi 5 liter hand sanitizer dalam seminggu.

Tetapi nantinya setelah ijin edar dan ijin produksi serta hak paten dilengkapi, maka produktivitas akan bisa ditingkatkan.

“Kalau sekarang, hand sanititizer ini kita produksi untuk kalangan internal dulu saja,” kata Zul Alfian.

Sementara itu, Manager Socap TPL Ir. Simon H. Sidabukke, M.Si yang turut hadir dalam peluncuran hand sanitizer menyebutkan, sejauh ini pihaknya dan USU belum menentukan harga jual hand sanitizer yang keseluruhannya menggunakan bahan baku alami ini.

“Karena yang terpenting bagi kami sebenarnya, produk ini bisa membantu masyarakat mengantisipasi pandemi ini. Jika nantinya memang terbukti bermanfaat, tak ada salahnya kami menggandeng UKM Jurnalis Bina Mandiri untuk berperan sebagai bagian pemasaran,” tambahnya.

Pihak UKM Jurnalis Bina Mandiri sendiri sangat menyambut baik menjadi bagian dari kerjasama antara PT TPL dan Iptek USU tersebut.

Mewakili UKM Jurnalis Bina Mandiri, Jonris Purba mengatakan pihaknya akan menjembatani distribusi hand sanitizer tersebut ke tengah masyarakat.

Hal ini menurutnya sesuai dengan semangat dari UKM Jurnalis yang mengharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang baik mengenai manfaat dari Eucaliptus termasuk manfaat dari hand sanitizer terutama saat situasi pandemi covid 19 seperti saat ini.

“Kami sangat yakin produk yang bermanfaat seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dan untuk hal yang baik dan bermanfaat, tentu kami juga harus berperan dalam memberikan edukasi dan manfaat dari hand sanitizer kepada masyarakat,” ungkapnya.

Peluncuran hand sanitizer yang berlangsung singkat dan terbatas itu diakhiri dengan penyerahan secara simbolis hand sanitizer dari Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU kepada pihak PT TPL yang diteruskan kepada perwakilan UKM Jurnalis Bina Mandiri untuk didistribusikan secara gratis.(SB/01/rel)