Cegah Penyebaran Covid-19, RPD Sumut Semprotkan Disinfektan di Lapas I Tanjung Gusta

Foto : Tim Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Sumut semprotkan disinfektan ke seluruh ruangan dan blok yang ada di Lapas I Tanjunggusta Medan.


sentralberita|Medan~ Membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 secara konsisten dilakukan oleh Relawan Peduli Disinfektan Covid-19 Sumatera Utara (RPD Sumut). Kali ini, RPD Sumut melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanjung Gusta Medan, Sabtu (10/10/2020). 

Hendra Blu, Koordinator Penyemprotan dari RPD Sumut mengatakan kegiatan seperti ini sudah mereka lakukan sejak April lalu. Timnya sudah melakukan penyemprotan di lebih dari 1.000 titik di Kota Medan, Binjai, dan Deliserdang.

“Dalam penyemprotan kali ini kami menggunakan tiga kompresor dan 10 spray. Dibagi menjadi tiga tim untuk menyemprot tiga blok di Lapas,” ungkapnya,” katanya.

Hendra mengaku, Ketua Umum RPD, Musa Idhishah atau sering disapa Dodi Shah yang meminta timnya untuk melakukan penyemprotan di Lapas. “Ketua umum yang memberikan arahan kemari karena ada permintaan juga dari Lapas,” katanya.

Menanggapi hal ini, Naik Suryanta M.Kes, Dokter di Lapas I Tanjunggusta Medan mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian tim medis Lapas untuk melindungi warga binaan dari penularan virus corona yang tengah mewabah.

“Saya beberapa hari lalu menghubungi teman saya, akhirnya bertemulah dengan tim Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Sumut. Mereka melakukan penyemprotan di seluruh Lapas untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam Lapas,” ujarnya.

Menurutnya hal ini penting dilakukan mengingat COVID-19 bisa menular dari siapa saja, baik orang di dalam Lapas atau dari tamu yang berkunjung.
Kalapas Klas I Tanjunggusta Medan, Frans Elias Nico memberi apresiasi atas kegiatan penyemprotan. Penyemprotan sendiri dilakukan ke seluruh ruangan dan blok yang ada di Lapas. Tim penyemprotan dibagi menjadi tiga tim, untuk menjangkau tiga gedung utama.

“Lapas memang rawan penyebaran Covid-19, apalagi cuaca seperti makanya kita jalankan protokol kesehatan ketat untuk wargabinaan dan pegawai. Kalau tamu kita gak terima, hanya titipan barang saja yang kita terima dan. Sejauh ini belum ada warga binaan yang terkena Covid-19” ujarnya.

Ia juga menjelaskan sejak penerapan protokol kesehatan beberapa bulan lalu, pegawai dan wargabinaan tidak boleh kontak fisik. Setiap hari wargabinaan juga diminta berjemur pagi hari dan diberikan vitamin secara rutin untuk memperkuat imun tubuh.

Di akhir kegiatan, Kalapas 1 Tanjunggusta Medan, RPD Sumut dan IDI Sumut yang turut hadir memakaikan masker secara simbolis kepada perwakilan wargabinaan. Kemudian seluruh warga binaan diberikan masker dan vitamin oleh petugas Lapas.(SB/Wie)