Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19, Dua Puskesmas di Kabupaten Asahan Ditutup

sentralberita|Kisaran ~ Untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disiase Virus 2019 ( Covid-19) khususnya Wilayah Kabupaten Asahan serta ditemukannya konfirmasi Covid-19 tergadap tenaga kesehatan, 2 Puskesmas dijajaran Pemerintah Kabupaten Asahan akhir ditutup.

Penutupan ke 2 Puskesmas masing-masing UPTD Puskesmas Sidodadi Kecamatan Kota Kisaran Barat dan UPTD Puskesmas Rawang Pasar IV Kecamatan Rawang Panca Arga tersebut sesuai dengan surat yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan nomor 441/839/2020 tertanggal 14 September 2020 prihal Isolasi mandiri Staf Puskesmas.

Dalam Surat yang ditanda tangani dr.Elfina Tarigan selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan disebutkan bahwa sehubungan dengan ditemukannya konfirmasi Covid-19 pada 3 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Sidodadi dan 2 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Rawang Pasar IV maka untuk memutus mata rantai penularan agar tidak menjadi efisentrum baru penularan Covid-19 di Kabupaten Asahan sesuai dengan

keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang pedoman percepatan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19) maka diperintahkan pada Kepala Puskesmas Sidodadi dan Rawang Pasar IV untuk melakukan isolasi mandiri pada seluruh staf Puskesmas diruma masing-masing selama 10 hari mulai tanggal 15 September 2020.

Didalam surat itu juga dijelaskan protokol yang harus dijalan yaitu antara lain,masing-masing kepala Puskesmas segera berkordinasi dengan pimpinan Wilayah Kecamatan,isolasi mandiri pada seluruh staf dengan tidak mengabaikan pelayanan emergenci dan pelayanan kesehatan survelans.

Lalu sesuai poin 2 maka kepala puskesmas harus menyiapkan stafnya sebanyak 3 orang setiap hari untuk piket di puskesmas masing-masing,pelayanan kesehatan non emergency agar dialihkan pada puskesmas terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan serta masing-masing puskesmas tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 selama isolasi mandiri dan ber PHBS ( Prilaku Hidup Bersih Sehat).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr.Elvina Tarigan ketika di konfirmasi melalui PPID Drs.H.Nurdin via hubungan Celuller,Selasa,(15/9/2020) membenarkan kalau kedua Puskesmas tersebut ditutup.

“Karena tenaga kesehatan nya ada yang terpapar covid-19 lebih dari satu orang maka seluruh stafnya diberlakukan isolasi mandiri.” Ujar H.Nurdin.

Masih menurut H.Nurdin,untuk puskesmas Padang Mahondang Kecamatan Pulau Rakyat belum diberlakukan isolasi mandiri karena tenaga kesehatan yang terpapar baru satu orang.(SB/ZA).