Polres Tanjungbalai Rutin Sosialisasikan Prokes di Darat dan di Laut

sentralberita|Tanjungbalai~Sejak diterapkannya protocol kesehatan oleh pemerintah menyusul mewabahnya Covid di Indonesia, Polres Tanjungbalai secara terus menerus menerapkan antisipasi penyebaran Covid tersebut lebih-lebih memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Dengan berbagai bentuk upaya yang dilakukan, namun tetap mengacu sesuai anjuran Kapolri, Polres Tanjungbalai secara terus menerus melakukannya, saakan tida hari tanpa Porotokol kesehatan baik di darat maupun di laut,” ujar Kapolres Tanjungbalai,Putu Yudha Prawira.

Bagi Masker ke Nelayan

Seperti yang dilakukan hari ini, Kamis (17/9/2020) selain membagikan masker, Sat Pol Air Polres Tanjung Balai bagikan100 Masker Geratis untuk Mendisplinkan Warga agar melaksanakan Protokol Kesehatan

Tujuannya, agar Warga Nelayan Kota Tanjung Balai Menjadi Disiplin Melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru Sehingga Tidak Terinfeksi Virus Corona (Covid-19), diatas kapal nelayan diperairan Tg Balai, ditangkahan atau dermaga kapal dan bantaran sungai Asahan, wilayah Kota Tanjung Balai.

Kegiatanya menghimbau selalu memakai masker, jaga jarak minimal 1,5 meter dari orang lain, rajin mencuci tangan dengan sabun di air bersih yang mengalir, Jaga kondisi kesehatan tubuh dengan berkoordinasi dengan dokter atau Puskesmas terdekat dan menghindari Kerumunan.

Selanjutnya membagi-bagikan Masker kepada warga nelayan diatas kapal dan di tangkahan kapal sepanjang pinggir pantai sungai Asahan.

Penyemprotan

Pada hari yang sama, Polres Tanjung Balai melakukan pemprotan cairan Desinfektan di Sekolah dan Fasilitas Umum   agar Warga tidak Terinfeksi Covid-19

Kegiatan l dipimpin oleh  Kanit Intelkam Polsek Tanjung Balai Selatan Iptu W Hasibuan dan didampingi oleh Seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung balai Selatan.

Penyemprotan di Mesjid Nurul Imam Jln.M T Hayono, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jln.M T Hayono, Kedai Mamak Jln.M T Hayono.

Tujuan Kegiatan memutuskan mata Rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19) agar warga masyarakat tidak terinfeksi Covid-19.

Himbauan yang disampaikan kepada Masyarakat dalam Kegiatan Penyemprotan Cairan Desinfektan :

Agar Tetap Memakai Masker apabila Keluar Rumah, Selalu Mencuci Tangan Pakai sabun di yang Bersih dan mengalir, Selalu Jaga Kesehatan, Selalu menjaga kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggal, Hindari dari tempat keramaian, Menjaga Jarak dengan teman lainnya.

Public Speaking

Sebagai upaya dari sat Lantas dalam menindak lanjuti kebijakan Kapolri guna memberikan Penerangan tentang Penanganan pencegahan penyebaran virus corona bagian dari pelayanan Polri Khususnya Sat Lantas Kepada Masyarakat.

Kamis, 17 September 2020, di persimpangan Jalan Sudirman  Jln. Gereja , Jalan Sisingamangaraja Jalan Veteran dan Zebra Croos   Kota Tanjung Balai dan  keliling Kota Tanjung Balai public speaking.

Kegiatan dilaksanakan Kasat Lantas AKP HW. SIAHAAN, SH, KBO dan Para Kanit Sat Lantas dan  Personil Sat Lantas. Sasan adalah  masyarakat yang Melintas di jalan yang sedang melaksanakan aktivitas pekerjaan dan perekonomian. Dan Anak sekolah dan  yang sedang melaksanakan Liburan Sekolah.

Agar Tetap Menggunakan Masker dan Pakaian Lengan Panjang Saat Beraktifitas diluar Rumah.

Agar bersama sama kita melakukan pencegahan terhadap virus corona

Lakukan pembersihan diri, cuci tangan, gunakan sabun / antiseptik dengan Air Bersih yang Mengalir

Semprotkan desinfektan ke ruangan dan barang2 yang sering disentuh serta di pegang antara lain : gagang pintu, gagang kursi, dan benda lain yang rentan di pegang oleh tangan kita / orang lain.

Bagi para orang tua beserta anak yang Tidak Ada Keperluan Penting agar Mengamankan diri dirumah dengan berdiam diri utk tidak keluar rumah supaya tidak rentan tersentuh oleh virus corona.

Apabila kondisi badan terasa demam, gangguan tenggorokan sakit dan kurang fit agar segera di cek kepuskesmas / rumah sakit terdekat.

 Sebarkan informasi ini kepada seluruh keluarga, teman dan sanak saudara.

 Agar Tetap Menjalankan ” Physical distancing & Sosial distancing” sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilkum Polres Tanjung Balai.

Memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung di jalan dan di pemukiman serta tempat keramaian agar secara bersama sama mencegah tersebarnya virus corona dimulai dari diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Memberikan penerangan terhadap wabah global virus corona kepada pengguna jalan sebagai langkah mengingatkan yang akan dilakukan secara berulang ulang pada saat ber patroli.

 Memberikan transfer pengetahuan tentang langkah langkah pencegahan sampai himbauan dengan harapan bisa diterima masyarakat serta anak sekolah yang diliburkan.(SB/01)