Momentum Haornas 2020, Eddy H Sibarani, Berolahraga Perlu Digiatkan di Masa Pandemi Covid-19

Ketua Umum KONI Medan (2 kanan) berbincang bersama pengurus menyambut Haornas 2020 di ruang kerjanya, Selasa (8/9).

sentralberita|Medan~Kegiatan eliat olahraga harus terus dipacu. Selain untuk pembinaan prestasi dan persiapan menghadapi event, berolahraga perlu digiatkan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Karena dengan berolahraga dapat membentuk imunitas tubuh yang bisa mencegah penularan virus Corona. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ucap Eddy Sibarani.

Protokol kesehatan tersebut antara lain selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, tetap jaga jarak, hindari kerumunan, dan sering cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer.

Hal itu dikatakan Ketua Umum KONI Medan dalam bincang ringan menyambut Haornas dengan jajaran pengurus KONI Kota Medan di ruang kerjanya, Jl. Stadion, Teladan, Medan, Selasa (8/9) siang.

Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani sepakat dengan upaya menjadikan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020 yang jatuh pada 9 September hari ini sebagai momentum menggiatkan kembali olahraga.

“Kita setuju dengan harapan Menpora baru-baru ini, yang ingin menjadikan Haornas 2020 sebagai momentum menggiatkan kembali olahraga di Tanah Air.

Khusus di Kota Medan, katanya, upaya tersebut tentu akan didukung penuh,” ujarnya dalam bincang yang dihadiri Wakil Ketua I KONI Kota Medan HT Daniel Mozard, Sekum H Suryadi SE MM, Kabid Binpres Drs Bambang Riyanto dan pengurus lain

Pekan lalu, saat meninjau persiapan Haornas 2020 di Jakarta, Menpora Zainudin Amali menegaskan, ingin menjadikan peringatan Haornas 2020 sebagai momentum untuk menggerakkan kembali kegiatan olahraga.

Supaya dapat meningkatkan kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga serta pemberdayaan ekonomi meski masih di tengah pandemi Covid-19.

“Tentu kita mendukungnya. Dengan menjadikan Haornas sebagai momentum untuk meningkatkan kebugaran, dan prestasi olahraga melalui dukungan sport science. Serta pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sport tourism dan sport industry,” ungkap Ketua Umum KONI Medan.

“Jangan ragu untuk berolahraga, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk atlet-atlet Medan yang dipersiapkan ke PON XX Papua yang digelar tahun depan, teruslah giat berlatih di bawah arahan tim  pelatih. Karena 60 persen dari jumlah atlet/pelatih kontingen Sumut yang akan terjun di PON XX merupakan atlet-atlet Kota Medan,” tambahnya.

Dikatakan Eddy Sibarani, peringatan Haornas 2020 ini juga bisa menjadi momentum bagi kita untuk memulai upaya mewujudkan sukses penyelenggaraan dan prestasi pada PON 2024, di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Sport Centre Sumatera Utara di kawasan Desa Sena, Kec. Batangkuis, Kab. Deliserdang, telah dilakukan Agustus lalu oleh Gubsu yang juga dipersiapkan sebagai venue-venue cabor di PON XXI Tahun 2024 nanti.

Di kawasan sport centre itu nanti, juga akan berdiri stadion megah berkapasitas 75 ribu penonton yang akan sepadan sebagai tuan rumah tim sepakbola asal Sumut yang berlaga di kompetisi papan atas.

“Apalagi tim kebanggaan PSMS Medan saat ini sedang berjuang promosi ke Liga 1. Dan harapan kita menyaksikan stadion megah yang berlokasi tidak jauh dari Kota Medan ini bisa menjadi home base PSMS saat berlaga di kasta tertinggi liga sepakbola Indonesia nanti.

Untuk itu juga, mari kita dukung PSMS sebagai salah satu ikon Kota Medan memulai perjuangan menuju Liga 1″,” harap dia.

Menurut Eddy lagi, menatap PON XXI, waktu empat tahun tidaklah lama untuk persiapan sarana dan atlet.

Mulai sekarang kita harus bergerak dalam mempersiapkan diri. Sementara Kota Medan sendiri sudah memulai menjaring atletnya untuk persiapan PON XXI

“Dimulai dari Porwil dan Porkot, di mana para juaranya dibina dalam program atlet binaan KONI Kota Medan, untuk seterusnya dipersiapkan bagi kontingen Sumut”.

Disebutkan juga,  2021 mendatang juga akan menjadi tahun-tahun sibuk karena usai PON Papua, dilanjutkan dengan SEA Games 2021, di mana atlet-atlet Medan juga sudah dipersiapkan dan bergabung dalam kontingen Merah Putih.

Semoga mereka menuai prestasi demi mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. Kemudian, Porwil dan Porkot Medan juga sudah menanti di tahun depan.

“Untuk itu, tetaplah berlatih dan mempersiapkan diri. Jangan pernah berkurang semangat berolahraga hanya  karena pandemi. Tentu saja kita berharap pandemi ini cepat berlalu, sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan normal lagi,” tutup Eddy Sibarani. (SB/01)