Kabaharkam Polri : Ciptakan Pilkada Damai Plus Protokol Kesehatan dan Stop Hoax

sentralberita|Staf Sus – Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto meminta pelaksanaan Pilkada Serentak tetap mengacu pada protokol kesehatan dan sesuai aturan PKPU yang telah ditetapkan, hindari keramaian, stop Hoax dan damai.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, Pilkada harus damai, perbedaan pilihan diselesaikan di lokasi TPS,” katanya, Rabu, (30/9/2020) Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Kabaharkam Polri didampingi pejabat utama Baharkam Polri Kakorbinmas Irjen Risyapudi  Nursin, Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Fahruz Zaman, Kombes Pol Drs. Ricky Simon Paays dan AKBP Abas Basuni.

Didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin dan pejabat utama Polda Sumut dalam kunjungannya melakukan supervisi Sat Ops Aman Nusa II di Polres Serdang Bedagai, Polda Sumut.

Agus menjelaskan dalam kunjungannya, ada tiga hal yang disampaikan yakni PAM Pilkada, Ops Yustisi penggunaan masker dan memperkuat ketahanan pangan dengan membentuk banyak kampung atau desa tangguh.

Pilkada merupakan salah satu amanat konstitusi yang harus dilaksanakan. Pesta Demokrasi ini untuk menjamin hak masyarakat dalam menentukan pimpinannya. Salah satunya dengan menyalurkan hak suara.

Namun, tegas Agus, ada aturan yang harus dijaga yakni tidak menyebarkan hoax, SARA, tidak kampanye hitam dan tidak menggunakan money politik.

“Mari kita jaga Pilkada serentak berlangsung damai, sehingga ekonomi bangkit dan kesejahteraan masyarakat dapat tercipta,” pinta Agus.

Mantan Kapolda Sumut ini juga meminta masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. TNI dan Polri tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan maksimal menjaga NKRI.

“TNI dan Polri bersama masyarakat dari sejak awal negara berdiri sudah barengan merebut, menjaga dan mengisinya. Jadi mari kita bersama untuk menjaganya,” ucapnya.

Ini merupakan kunjungan hari kedua Kabaharkam Polri di Sumatera Utara. Sebelumnya, jenderal bintang tiga tersebut mengunjungi lokasi TPA Terjun, Marelan dalam rangka melihat lokasi gunung sampah yang disulap menjadi lokasi ketahanan pangan.

Mengecek kapal medis trapung Ditpol Airud Polda Sumut dan Gudang Sayur Kamtibmas.(SB/01)