Gubernur Edy Resmikan Festival Museum 2020, Ada 5 Daerah di Sumut Belum Miliki

sentralberita|Medan~Usai membuka secara resmi Festival Museum Sumatera Utara di gedung museum Jalan Gedung Arca Medan ,Gubernur Sumut Edy Rahmayadi merasa prihatin karena dari 33 kabupaten dan kota di Sumut, baru 28 daerah yang memiliki museum, sementara ada lima daerah lain, sampai hari ini belum memiliki museum bahkan Bupatinya pun mau bertarung lagi untuk periode kedua.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut ,Ria Telaumbanua dan Kepala Museum Negeri Sumut mengharapkan agar masyarakat luas Sumut,dapat hadir dan memanfaatkan adanya festival museum ini untuk mengetahui sejarah Sumatera Utara, masa lalu, masa kini ,dan masa yang akan datang sesuai dengan tema festival yang ke-2 pada tahun 2020 ini , Kamis hingga Sabtu (19/9).

Kata,Edy.Rahmayadi, negara yang maju pasti negara itu menghargai dan benar venar menjadikan museum.untuk orang melihat tempat itu.。

Makanya di museum , dipublikasikan sejarah ada masa lalu,masa kini, dan masa mendatang .

”Keterlambatan kita tidak punya museum pada waktu lalu ,karenapada masa-masa nenek moyang kita dahulu yang begitu sulit dalam hidup ,tapi mereka begitu nyaman di masanya ,yang tidak boleh kita lupakan.

Bahkan di Pulau Nias,ada museum yang dibangun oleh orang Jerman ,tapu sudah mau dibeli orang Singapura ,lalu saya oerintah Kadis kebudayaan Pariwisata Sumut,Ria Telaumbanua agar diaambil alih dan dibayar.

Saat ini kata,Edy Rahmayadi ,di Sumut cuma ada 28 masih ada 5 kabupaten yang belum punya museum .

Bahkan bupatinya masih mau maju periode kedua,padahal tak ada museum.dibangun didaerah itu.

Saya berharap ,museum penting harus ada ,agar kita jadikan untuk kiblat kita ke depan, tentang sejarah dan adat budaya Sumut
agar, diketahui anak cucu kita,pada masa lalu , saat ini dan ajan datang,harap Edy.

Tunjukkan inilah Museum Sumatera Utara yang lengkap menceritakan adat-istiadat dan budaya seluruh daerah Sumut masa yang lalu, Masa yang sekarang dan masa yang akan datang,timpal Gubsu.

Diakui Gubsu Edy Rahmayadi bangsa lain sudah berlari,tapi kita masih bermimpi mimpi .

Dengan adanya festival Museum dan renovasi Museum Negeri Sumut,Edy,Rahmayadi berharap Mari kita kembangkan museum ini,dan bila ada orang yang punya skll, bebas berkreasi untuk mengembangkan museum-museum ini.

Kita harus terbuka, siapapun bisa ikut serta dalam mencurahkan apa yang ada di benak kepalanya , inilah museum bukan nuansa politik,,sebut Edy,Rahmayadi (SB/DN)