Gojek Buka Dapur GoFood Dukung UMKM Medan

Suasana Dapur GoFood Medan yang resmi dibuka hari ini di dua lokasi yakni Jalan Tritura nomor 88 dan Jalan Deposito nomor 1, Pulo Brayan Darat II Medan

sentralberita|Medan ~ Hari ini Gojek Medan meresmikan layanan Dapur GoFood di dua lokasi yaitu Percut dan Johor.

Dapur GoFood ini merupakan inovasi baru dari super app terdepan di Asia Tenggara, Gojek, untuk mengakselerasi pertumbuhan skala usaha UMKM kuliner.    

Dapur GoFood dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk restoran dan UMKM kuliner, dan terintegrasi dengan sistem teknologi serta layanan pengantaran dari Gojek.

Terdapat total 16 outlet kuliner yang digagas oleh pengusaha UMKM Medan di  Dapur GoFood yang berlokasi di Jalan Tritura nomor 88 dan Jalan Deposito nomor 1, Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur.   

Budianto Hariadi, Vice President Gojek Regional Sumbagut Senin (14/9/2020) mengatakan masa pandemi ini merupakan masa-masa sulit bagi jutaan UMKM termasuk di Medan.

“Namun kami di Gojek percaya bahwa dengan menerapkan prinsip gotong royong dalam membantu UMKM, yaitu bekerja sama dengan banyak pihak khususnya pemerintah dan institusi lainnya yang memiliki misi serupa untuk mendorong UMKM dalam mengembangkan usahanya,” kata Budianto.   

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan membuka Dapur GoFood di Medan, untuk mendekatkan usaha UMKM kuliner dengan konsumen.

Para merchant yang tergabung dalam Dapur GoFood Medan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka tanpa harus membuka outlet sendiri.    

“Dan dalam prosesnya, tim GoFood berjalan bersama dengan memberikan masukan sebagai konsultan,” jelasnya.    

Budi menilai warga Medan dikenal menggemari makanan enak dan berkualitas.

“Oleh karena itu melalui Dapur GoFood, kami membawa berbagai pilihan kuliner lebih dekat kepada para pelanggan di wilayah Johor dan Percut, yang dapat datang langsung untuk memesan dengan sistem bawa pulang (takeaway) ataupun memesan melalui GoFood dengan opsi delivery atau pickup,” ungkapnya.    

Merchant-merchant yang bergabung dengan Dapur GoFood merupakan merchant terpilih diantaranya  Ayam Penyet Ria. *Ayam Penyet Ria* adalah UMKM kuliner yang dirintis oleh pengusaha asal Kota Medan, *Dian Tapinauli* di tahun 2013.

“Saya memilih menu ayam karena disukai berbagai kalangan, dari anak-anak sampai orang tua.

Tapi tantangannya memang, banyak sekali saingan yang juga menawarkan menu ayam.

Kami berfokus untuk menyajikan ayam dengan kualitas yang terbaik, dengan mengutamakan citarasa.

Dan terbukti para pelanggan kami menyebut bahwa kekhasan menu kami ada pada sambalnya yang istimewa dan bumbunya yang meresap sampai ke dalam daging“ sebutnya.  

Ayam Penyet Ria telah bergabung sebagai merchant GoFood sejak 2017 dan kini telah memiliki 7 cabang serta semakin berkembang dengan bergabung di Dapur GoFood Johor. Gofood salah satu cara untuk mem-boomingkan (membesarkan) produk kami.

Apalagi di masa pandemi sekarang ini,Banyak customer yang belum mau makan di tempat.Sehingga opsi pemesanan dengan GoFood sangat membantu,” tambah Dian.    

Menurutnya, bagi para pengusaha kuliner yang baru membangun usahanya, khususnya di masa sekarang ini, teknologi digital adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan usaha.   

Dengan adanya Dapur GoFood Percut dan Johor ini, beragam menu dari merchant andalan GoFood Medan kini tersedia semakin dekat dengan para pelanggan.

Pelanggan dapat memesan melalui fitur GoFood seperti biasa dengan dua opsi pilihan: “Delivery” atau “PickUp”. 

Opsi delivery artinya pemesanan diambil oleh driver Gojek, sebagaimana biasanya pemesanan GoFood.

Sedangkan pelanggan yang mau mengambil sendiri makanan tanpa harus antri dan tanpa ongkir, dapat memilih opsi pick up.   

Dalam rangka pembukaan Dapur GoFood ini, selama tanggal 13-30 September 2020 terdapat promo Menu hemat mulai dari Rp9.999 + gratis Milo untuk pemesanan di merchant Dapur Bersama.

Selain itu, ada menu hemat khusus untuk mitra juara Gojek Rp15.000 yang akan berlaku sampai akhir tahun 2020. (SB/Wie)