Gugatan Hak Asuh Anak Hakim Jamaluddin Tidak Diterima PA

sentralberita|Medan~Hakim Pengadilan Agama Klas IA Medan menjatuhkan putusan NO (niet ontvankelijke verklaard) atas gugatan hak asuh anak almarhum hakim Jamaluddin dengan istrinya Zuraida Hanum.

Keluarga almarhum hakim Jamaluddin sebelumnya, mengajukan gugatan untuk dapat hak asuh Khanza, anak hasil perkawinan almarhum hakim Jamaluddin dengan istrinya Zuraida Hanum.

Namun majelis hakim memutuskan NO, yakni putusan yang menyatakan bahwa gugatan tidak dapat diterima karena mengandung cacat formil.

“Jadi putusannya NO. Kita akan mengajukan banding atas putusan itu,” kata Muhammad Jafaruddin selaku kuasa hukum keluarga almarhum hakim Jamaluddin, Rabu (9/8/2020).

Ia menyebutkan, majelis hakim membacakan amar putusan tersebut pada 27 Agustus lalu. Kata dia, salah satu pertimbangan hakim memutus NO, karena tidak adanya surat pernyataan resmi dari keluarga almarhum Jamaluddin, dalam hal ini, hak tanggungjawab asuh diserahkan kepada Kenny Akbari yang merupakan kakak dari Khanza.

“Dalam putusan NO itu, salah satu pertimbangan hakim karena , tidak ada surat pernyataan dari Kenny yang mau bersedia mengurus (Khanza),” ujarnya.

Padahal menurut dia, dalam agenda pemeriksaan saksi di depan persidangan sebelumnya, Kenny menyatakan sudah bersedia mengasuh Khanza.

“Di sidang itu kan, salah satu pengakuan yang sempurna. Jadi untuk apalagi ada surat pernyataan,” ungkapnya.

Selain itu, pertimbangan majelis hakim yakni, dalam pengajuan hak asuh anak harus ada surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Medan yang menyatakan anak bukan merupakan adopsi.

“Dia (Khanza) kan adik kandungnya Kenny. Kecuali kalau dia tadi anak pungut yang didapat di jalan. Makanya saya melihat, hakim blunder,” pungkasnya.

Sebelumnya adanya gugatan hak perwalian ke Pengadilan berangkat dari kasus pembunuhan hakim PN Medan Jamaluddin beberapa bulan lalu yang ternyata dilakukan oleh isterinya sendiri Zuraidah Hannum.

Majelis hakim PN Medan yang diketuai Erintuah Damanik akhirny menghukum mati Zuraidah Hannum,Jefri.Sedang Reza dihukum 20 tahun penjara.

Usai pembacaan vonis di PN Medan,ternyata pertarungan antara kuasa hukum Jamaluddin dan Zuraidah masih berlanjut di Pengadilan Agama untuk memperebutkan hak perwalian hak asuh Khanza.( FS )