75 Tahun PMI, Musa Rajekshah Harapkan Lebih Bermanfaat di Tengah Masyarakat

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rahekshah menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI), di Aula Kantor PMI Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

sentralberita|Medan~Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rahekshah menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI), di Aula Kantor PMI Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. Diharapkan, semakin bertambah umur akan membuat PMI Kota Medan semakin dirasakan manfaat kehadirannya di tengah-tengah masyarakat.

“Seharusnya peringatan HUT PMI jatuh pada tanggal 17 September, namun baru bisa kita adakan hari ini, Jumat (18/9). Semoga dengan semakin bertambah umur, semakin bermanfaat pula PMI ini untuk masyarakat. Mudah-mudahan ke depan PMI Kota Medan dapat terus bersinergi dan membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah,” ujar Musa Rajekshah yang juga Ketua PMI Kota Medan.

Musa Rajekshah mengatakan, perayaan HUT PMI tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun diharapkan hal itu tidak mengurangi semangat untuk terus berbuat baik.

“Ulang tahun ini pun terasa berbeda dengan tahun-tahun tahun sebelumnya, karena kita harus menahan diri untuk tidak berkumpul di masa pandemi ini. Tapi walau pun begitu, kita harus tetap semangat, karena setiap harinya banyak sekali orang yang membutuhkan kantong darah dari kita,” ujarnya.

Disampaikan juga, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Musa Rajekshah mengingatkan para pengurus PMI Kota Medan harus lebih inisiatif lagi, karena tidak bisa bebas lagi membuat kegiatan donor darah.

“Unit Tranfusi Darah (UTD) kita mengalami penurunan yang drastis. Oleh karena itu saya minta pengurus untuk aktif menjemput bola, datangi dinas-dinas terkait, perusahan-perusahaan, ajak mereka untuk donor darah. Sebab saat ini kita tidak dapat lagi membuat kegiatan yang dapat mengumpulkan orang banyak,” harap Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Usai memberikan sambutan sekaligus arahan kepada para peserta yang merupakan pengurus di tingkat kecamatan di Kota Medan, Ijeck pun melakukan pemotongan tumpeng dan menyerahkan bantuan berupa 21 unit alat cuci tangan kepada pengurus PMI di tingkat kecamatan, serta menyerahkan satu unit mobil ambulance bertekanan udara negatif yang merupakan bantuan dari PMI Pusat kepada PMI Sumut, yang nantinya akan dipergunakan oleh PMI Medan.

“Bantuan mobil ini hanya ada lima unit diberikan oleh PMI Pusat, dan Alhamdulillah PMI Sumut dapat satu, dan akan dipergunakan oleh PMI Medan. Semoga mobil ini nanti dapat membantu penanganan Covid-19 di Sumut, karena korban yang suspek positif harus dibawa dengan mobil bertekanan udara negatif,” jelas Ijeck.

Sebelumnya, Ketua Harian PMI Medan John Ismadi Lubis mengatakan bahwa dalam menyemarakkan HUT ke-75 PMI sudah dilakukan berbagai jenis acara dan perlombaan.

“Sebelumnya kita juga sudah mengadakan berbagai kegiatan, seperti melakukan donor darah di beberapa dinas dan perusahaan, melakukan pembagian 7.000 masker di 11 titik persimpangan di Kota Medan, dan juga sudah melakukan pendistribusian alat penyemprot cairan disinfektan kepada pengurus PMI kecamatan se-Kota Medan,” ujarnya. (SB/01/H18)