Semprotkan Tinja Sembarangan, Penyakit Water Borne Disease Ancam Warga Tebing Tinggi

sentralberita | Tebing Tinggi ~ Truck tinja milik Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tebing Tinggi kedapatan melakukan penyemprotan limbah tinja manusia di area lahan milik warga di Jl. Baja Kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) pada Sabtu, (8/8/2020).

Merasa tak masalah , oknum petugas truck tinja berplat merah nopol B 9086 SMA ini kepada sentralberita.com mengatakan pemilik lahan tidak keberatan jika muatan limbah BAB manusia di tangki trucknya disemprotkan di lokasi tersebut.

” Yang punya ladang tidak keberatan, makanya kami membuangnya disini !!! ,” ucap petugas dengan gaya arogan dan mempersilakan kerjaannya untuk di ekspose di media.

Hotman Manalu (50), warga yang bermukim tak jauh dari lokasi buangan tinja tersebut menyatakan jika bukan kali pertama petugas truck tangki tinja PUPR Kota Tebing Tinggi melakukan pembuangan sembarangan di sekitaran Jln. Baja melainkan telah berulang-ulang sehingga membuat keresahan bagi warga yang berdomisili di sekitarnya dan merasa terancam kesehatanya akibat dampak berbahaya dari tinja tersebut.

” Sudah seringkalipun kita nengok truk tangki tinja membuang muatannya di sembarang tempat di sekitar jalan ini, tapi kami gak tau mau bilang sama siapa, ” ujar Hotman kesal.

Wajar jika masyarakat berkeberatan atas kinerja petugas truck tangki tinja PUPR yang melakukan pembuangan limbahnya sembarangan, sebab saat ini masyarakat telah mengerti betapa berbahayanya unsur yang terkandung dari kotoran manusia bagi kesehatan dan lingkungan hidup.

Berikut kandungan berbahaya yang dapat menjangkit bagi kesehatan yang ada pada tinja manusia yang dikutip dari berbagai sumber,seperti Mikroba atau virus penyebab penyakit hepatitis A, colera, polio dan tipus. Penyakit ini tergolong Water Borne Disease.

Organik, organik ini mengandung telur-telur berbagai jenis cacing penyebab manusia mengalami cacingan dan Nutrien pemicu tumbuhnya ganggang pada air yang membuat warna air kehijauan. Ganggang ini dapat membunuh ikan dan binatang yang ada pada ekosistim air yang tercemar tinja tersebut.(SB/jontob)