Rutin Berkurban di Masjid Jami’ Hanifah, Bobby Nasution Diharapkan Punya Jiwa Sosial Seperti Ayahnya

sentralberita|Medan~Bakal Calon Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution diharapkan memiliki jiwa sosial seperti ayahnya Almarhum H Erwin Nasution.

“Kami dengar Bobby Nasution ingin mencalonkan diri menjadi Walikota Medan, mudah-mudahn diberikan keberkahan. Dan kami harap kalau memang menjadi Walikota.

Makanya berbuat baik lebih banyak kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan almarhum ayahnya. Karena ayahnya H Erwin Nasution, jiwa sosialnya tinggi,” ucap Ketua Panitia Qurban Masjid Jami’ Hanifah Jalan Chaidir, Nelayan Indah, Medan Labuhan, Syahdan Idham disela kegiatan kurban, Sabtu (1/8/2020).

Dituturkannya, sejak tahun 2015 lalu, keluarga Bobby Nasution rutin melakukan kegiatan kurban di masjid yang didirikan Alm H Erwin Nasution ini. Tahun ini, keluarga dan kerabat penggagas #KolaborasiMedanBerkah ini, menyumbangan sebanyak 5 ekor lembu kurban di masjid untuk dibagikan kepada warga sekitar.

“Kita mulai penyembelihan hewan kurban sejak jam 09.00 Wib. Selesai pemotongan, panitia akan bergerak langsung ke rumah-rumah warga untuk diberikan ke sekitar 500 rumah tangga yang ada di sekitar masjid,” tutur Syahdan.

Kepling VI Nelayan Indah, Asbad Hamdani menyambut baik kegiatan yang dilakukan keluarga Bobby Nasution ini. Menurut dia, keluarga Wakil Ketua BPP HIPMI ini sangat memperhatikan masjid ini.

“Setiap bulan keluarga memantau dan menampung keluhan. Juga membantu perbaikan masjid saat ada kerusakan,” ungkapnya.

Asbad juga memuji kegiatan kurban yang tidak mengundang warga berkumpul untuk menghindari penyebaran Covid-19. “Masyarakat sangat gembira, daging akan dibagikan langsung ke rumah. Warga juga antusias, karena setiap tahun keluarga Bobby selalu berkurban di masjid ini,” terangnya.

Kata Asbad, warga di sekitar lingkungan VI Nelayan Indah ini, 70% merupakan nelayan. Dengan penghasilan yang tidak tetap. Karenanya, segala bantuan yang telah diberikan Bobby Nasution dan keluarga disambut gembira.

Sementara, Ibunda Bobby Nasution, Ade Hanifah Siregar menungkapkan kegiatan ini merupakan acara rutin keluarga setiap Idul Adha.

Kata Ade Hanifah, tahun ini pembagian daging kurban dilakukan dengan cara yang berbeda, dimana panitia kurban yang langsung membagikan ke warga.

“Sehingga tidak ada antrian. Ini dilakukan supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan di masa pandemi Covid-19 ini,” tuturnya didampingi kakak Bobby Nasution, Inge Amelia Nasution.

Ade Hanifah mengaku, sejak masjid berdiri 5 tahun yang lalu, cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan warga dalam beribadah. Warga sekitar kini bisa melaksanakan salat berjamaah di masjid.

“Karena masjid berada jauh dari lokasi pemukiman warga, khususnya lingkungan VI dan VIII nelayah Indah. Anak-anak pun bisa belajar mengaji di sini, meski sejak pandemi dihentikan dahulu,” tukasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Pengajian Silaturahmi Sejuta Umat, Zunaidar Rivai juga mengungkapkan setiap tahun anggota pengajiannya rutin berqurban di masjid yang didirikan ayah Bobby Nasution ini. Apalagi ibunda Bobby Nasution adalah penasehat Pengajian Silaturahmi Sejuta Umat.

“Tahun ini, anggota berqurban di 8 titik di Medan dan Deli Serdang. Salah satunya di masjid ini,” tuturnya.

Dia berharap, sumbangan hewan kurban ini, bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. “Dalam pembagian hewan kurban, kita juga mencari daerah-daerah yang belum tersentuh kurban,” tandasnya.(SB/01)