Meski Upacara HUT ke-75 RI Kali Ini Berbeda Wagub Sumut Optimis Rakyat Semakin Bersatu

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menjadi Inspektur Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sumut, Jalan Dipenogoro No. 30 Medan, Senin (17/8/2020). (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut / Imam Syahputra).

sentralberita|Medan ~ Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) dilakukan dengan cara yang berbeda di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (17/8). Walau begitu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah optimis ini tidak mengurangi rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia.

Peserta Upacara HUT ke-75 RI Pemprov Sumut kali ini hanya 50 orang yang terdiri dari Eselon II Pemprov Sumut, Satpol PP, Polisi, TNI dan tiga Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Ketiga Paskibraka tersebut hanya bertugas membawa dan menaikkan Bendera Pusaka Merah Putih, tidak ada konfigurasi barisan dan lainnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, upacara yang dimulai tepat pukul 07:30 WIB tersebut tetap berlangsung secara khidmat dan tertib.

“Pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh lini kehidupan kita. Peserta upacara HUT ke-75 RI juga sekarang lebih sedikit dari biasanya, mengenakan masker dan menjaga jarak. Tetapi itu tidak mengurangi kecintaan kita pada negara ini, tidak mengurangi semangat kita untuk berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19,” kata Musa Rajekshah yang menjadi Pembina Upacara pada kesempatan ini.

Melalui momen HUT ke-75 RI di tengah pandemi Covid-19, Musa Rajekshah yakin akan membuat rasa kesatuan dan persatuan rakyat Indonesia khususnya masyarakat Sumut akan semakin kuat.

“Saya yakin kondisi seperti ini membuat rakyat Indonesia semakin kompak, bersatu dan kita harus yakin kita bisa menjadi bangsa yang besar,” kata Musa Rajekshah.

Usai upacara Musa Rajekshah tidak lupa menghampiri Komandan Upacara untuk memberikan selamat dengan salam khas Covid-19 dan memberikan salam kepada semua peserta upacara. Sesi foto bersama juga dilakukan dengan menjaga jarak.

Tidak lupa Wagub Sumut juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak merayakan HUTke-75 RI dengan acara-acara yang berpotensi mengundang kerumunan orang-orang. Musa Rajekshah minta agar masyarakat bersabar untuk tahun ini karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak merayakan HUT RI dengan acara-acara yang mengundang keramaian tahun ini. Kami mohon masyarakat bersabar, mengurangi kegiatan-kegiatan yang mengundang keramaian karena saat ini kita lebih mementingkan kesehatan dan keselamatan masyarakat Sumut,” terang Musa Rajekshah.

Selanjutnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekretaris Daerah R Sabrina beserta Forkopimda mengikuti Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI bersama dengan pimpinan daerah lainnya secara virtual diari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut.(SB/H)