Lantik Pejabat Fungsional Widyaiswara Musa Rajekshah Ingatkan Amanah Peningkatan Kualiatas SDM

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah melantik Arsyad Lubis sebagai pejabat fungsional widyaiswara ahli utama pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumut, Selasa (18/8), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No 41 Medan.
Biro Humas Setdaprovsu / Fahmi Aulia

sentralberita|Medan ~ Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah melantik dan mengangkat Arsyad Lubis sebagai pejabat fungsional widyaiswara ahli utama pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumut, Selasa (18/8), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dari Jabatan Pimpinan Tinggi Madya serta Pengangkatan dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Fungsional Ahli Utama, serta Keputusan Gubernur Sumut Nomor 800/2215/2020 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Widyaiswara Ahli Utama pada BPSDM Provinsi Sumut.

Usai pelaksanaan sumpah pelantikan dan penandatanganan berita acara pelantikan, Wagub Musa Rajekshah menyampaikan bahwa widyaiswara memiliki amanah besar yang harus diemban yakni mendukung peningkatan kualitas sumber daya manuasia (SDM) aparatur pemerintah.

“Perlu saya mengingatkan saudara bahwa jabatan fungsional widyaiswara bukan hanya sebagai pengabdian yang terakhir. Namun jadikan jabatan tersebut untuk mengekspresikan diri sebagai pamong yang profesional dan amanah, dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui berbagai kesempatan pendidikan dan akhirnya ditransformasikan kepada peserta didik,” ucap Wagub.

Salah satu unsur penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan aparatur, menurut Wagub, selain adanya daya dukung sarana prasarana yang memadai, kurikulum yang berbobot, panitia dan peserta yang berkualitas, juga keberadaan dan daya dukung para penyaji materi.

“Untuk itu, pejabat fungsional widyaiswara harus memiliki kemampuan yang cakap, khususnya dalam mentransformasikan keahlian tertentu dan pengalaman yang didapat dari lapangan,” tuturnya.

Arsyad Lubis saat ditemui usai pelantikan menyampaikan terima kasih atas arahan dan bimbingan yang disampaikan Wagub Musa Rajekshah dalam upacara pelantikan. Seperti pesan-pesan yang disampaikan Wagub, Arsyad berharap dirinya bisa menjadi salah seorang widyaiswara yang membawa perubahan dan mendukung peningkatan kualitas SDM Aparatur Pemerintah Daerah khususnya di Sumut.

“Serta tentunya mampu menjadi bagian dari BPSDM untuk mewujudkan visi sumber pamong yang profesional dan amanah. Insya Allah, pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh selama ini akan saya bagikan kepada para ASN generasi mendatang,” ujarnya.

Upacara pelantikan berakhir dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Wagub Musa Rajekshah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Kemudian, disusul keluarga, para rekan kerja dan ditutup dengan foto bersama. Turut hadir Kepala BPSDM Sumut Kaiman Turnip dan Pejabat Fungsional Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Sumut Khairul Syah.(SB/H)